Kapal Feri Gratis Angkut 350 Penumpang ke Pelabuhan Jangkar

Penumpang kapal feri program balik mudik gratis Pemprov Jatim tiba dan turun di Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur pada Kamis (18/4/2024). (ANTARA/Novi Husdinariyanto) Penumpang kapal feri program balik mudik gratis Pemprov Jatim tiba dan turun di Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur pada Kamis (18/4/2024). (ANTARA/Novi Husdinariyanto)

Situbondo: Sebanyak 350 orang balik mudik dengan kapal feri gratis tahap dua dari Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura ke Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur tujuh hari setelah libur Lebaran 2024. Kapal telah diberangkatkan pada Kamis, 18 April kemarin.  

Kasi Teknik Kepelabuhanan UPT Pelabuhan Pengumpan Regional Banyuwangi Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jatim, Tri Wahyono mengatakan antusiasme warga sangat tinggi untuk menggunakan kapal feri balik mudik gratis program tahun Pemprov Jawa Timur.

"Pada arus balik Lebaran atau H+7 hari ini kapal feri gratis KMP Wicitra Dharma I diberangkatkan dari Pulau Raas sekitar pukul 07.30 WIB dan tiba di Jangkar pukul 12.00 WIB," ucap Tri Wahyono dikutip dari Antara, Jumat, 19 April 2024.

Sebelumnya, pada 16 April 2024, KMP Wicitra Dharma I telah membawa sekitar 250 penumpang warga Raas yang akan kembali ke Jawa dan Bali setelah berlibur lebaran.

"Kapal feri gratis tahap ketiga atau terakhir pada 20 April mendatang, sudah terdaftar lebih dari 200 orang santri Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo (Situbondo) memanfaatkan kapal gratis," ucapnya.

Salah seorang warga Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura bernama Edy mengaku senang dan berterima kasih kepada Pemprov Jatim atas program balik mudik ini yang sangat membantu masyarakat.

"Kami harap program mudik/balik gratis ini terus menjadi program tahunan di momentum Idul Fitri," tuturnya.

Arus balik mudik sampai dengan kemarin atau tujuh hari setelah lebaran tercatat masih sekitar 35%. Banyak masyarakat Raas yang masih menikmati libur lebaran sehingga mereka belum mengikuti perjalanan atau menyeberang kembali ke Pelabuhan Jangkar.


(SUR)

Berita Terkait