Tokopedia Beberkan Tren Belanja Daring di Jatim

Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz (kiri) dalam jumpa pers di Malang, Jawa Timur, Selasa (4/6/2024). (ANTARA/Farhan Arda Nugraha) Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz (kiri) dalam jumpa pers di Malang, Jawa Timur, Selasa (4/6/2024). (ANTARA/Farhan Arda Nugraha)

Malang: Tokopedia membeberkan tren belanja daring di Jawa Timur. Termasuk produk-produk yang paling banyak dibeli melalui platformnya selama kuartal pertama tahun 2024.

Menurut Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, dalam jumpa pers di Malang, Jawa Timur, pada Selasa 4 Juni 2024, produk makanan dan minuman, fesyen, serta olahraga dan hobi sangat laris di Jawa Timur selama periode tersebut. Ia mengungkapkan bahwa produk fesyen yang paling laris mencakup kulot anak, kardigan Muslim, dan celana tidur.

Sedangkan untuk produk makanan dan minuman, minyak goreng dan gula menjadi yang paling banyak dibeli. Produk olahraga dan hobi yang laris termasuk diecast kapal, buku tanaman, dan buku misteri.

Jika dibandingkan dengan kuartal pertama 2023, pada kuartal pertama 2024 terjadi peningkatan transaksi tiga kali lipat untuk produk baju tidur, 2,5 kali lipat untuk hijab instan, serta lebih dari dua kali lipat untuk makanan dan keripik di ShopTokopedia di Jawa Timur.

Rizky juga menyampaikan bahwa terdapat perbedaan tren belanja daring di berbagai daerah di Provinsi Jawa Timur.

Di Malang, misalnya, produk fesyen, makanan dan minuman, serta rumah tangga adalah yang paling laris di Tokopedia.

Produk fesyen yang paling laris di Malang adalah rok plisket, ikat pinggang, dan jam tangan. Untuk produk makanan dan minuman, minyak goreng, gula pasir, dan kopi saset menjadi yang terlaris. Sementara produk rumah tangga yang populer adalah bantal, pompa galon elektrik, dan keranjang sampah.

Berdasarkan tren belanja daring terkini, Tokopedia dan ShopTokopedia meningkatkan kampanye untuk mendukung pemasaran produk pelaku usaha lokal.

Kampanye Home Living SALEbration bertujuan mendukung pemasaran dan penjualan produk kebutuhan rumah tangga dan dapur, termasuk tanaman hias dan bibit tanaman.

Selain itu, program Dilayani Tokopedia bertujuan memudahkan penjual menjangkau pasar di luar kota atau pulau, dengan operasional penerimaan, pengemasan, pengantaran ke kurir, hingga penanganan kendala dilakukan oleh Tokopedia.

"Penjual di Malang misalnya, bisa memasarkan produknya ke masyarakat di luar Jawa Timur bahkan antarpulau lewat Dilayani Tokopedia, yang salah satu gudangnya ada di wilayah Osowilangun," kata Rizky dikutip dari Antara, Rabu, 5 Juni 2024.


(SUR)

Berita Terkait