Hari Pertama Sekolah, Orang Tua Siswa SD di Jombang Sibuk Dampingi Anak

Salah satu siswa SD merengek tak mau masuk kelas di hari pertama sekolah (Foto / Istimewa) Salah satu siswa SD merengek tak mau masuk kelas di hari pertama sekolah (Foto / Istimewa)

JOMBANG : Hari pertama sekolah membuat sibuk para orang tua siswa SDN Banjardowo, Kabupaten Jombang, Senin 17 Juli 2023. Mereka berbondong-bondong datang ke sekolah dan berlomba mencarikan tempat duduk terbaik untuk putra putrinya. Tak hanya itu, mereka juga rela menunggu di depan kelas agar anaknya mau ikut belajar.

Begitu tiba, mereka langsung mengarahkan anaknya untuk duduk di bangku paling depan. Mereka yang telambat datang, terpaksa menyuruh anak-anaknya menempati bangku yang masih kosong dan belum ditempati oleh siswa yang lain.

Namun bukan hal mudah untuk menyuruh anaknya duduk. Sebab, sebagian di antara mereka masih malu dan takut, sehingga harus dirayu terlebih dahulu. Bahkan ada pula yang masih harus digendong karena ngambek.

Itu sebabnya, saat jam pelajaran sudah dimulai, para orang tua ini juga belum berani pulang. Mereka khawatir anaknya menangis, sehingga terpaksa harus menunggu di depan kelas. "Gak mau ditinggal pulang. Masih belum berani. Jadi terpaksa menunggu di sini," kata salah seorang wali murid kelas 1 SD, Nurul.

baca juga : Bikin Betah Siswa Baru, Guru SD di Surabaya Pakai Kostum Punakawan

Terhadap para wali siswa tersebut, pihak sekolah mengaku sudah memberi ketentuan khusus. Sekolah memperbolehkan wali siswa menunggu putra putrinya tapi tidak boleh ikut masuk ke dalam kelas.

"Wali siswa yang ingin menunggu putra putrinya harus berada di luar ruangan atau di halaman sekolah," kata Kepala SDN Banjardowo, Dewi Sahidin.

 


(ADI)

Berita Terkait