Jangan Asal! Ini Tips Gunakan Minyak Kelapa untuk Perawatan Rambut

Minyak kelapa bisa dioleskan langsung ke rambut tanpa tambahan apa pun atau bisa juga mencampurnya dengan minyak zaitun. Foto: Freepik Minyak kelapa bisa dioleskan langsung ke rambut tanpa tambahan apa pun atau bisa juga mencampurnya dengan minyak zaitun. Foto: Freepik

JAKARTA: Bukan rahasia lagi bahwa minyak kelapa memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, kecantikan, hingga memasak. Ini karena minyak kelapa mengandung banyak nutrisi. Namun, tahukah Anda minyak kelapa dapat digunakan untuk perawatan rambut?

Seorang ahli kulit dan kecantikan, Michele Green, MD, mengatakan minyak kelapa memiliki manfaat untuk rambut karena meningkatkan pertumbuhan sel, sirkulasi dan melembabkan kulit kepala. Sifat pelembap pada minyak kelapa membantu mengurangi kusut dan membuat rambut terlihat lebih berkilau.

"Minyak kelapa dapat menembus rambut dan mengurangi kehilangan protein. Dengan begitu, dapat memperkuat rambut dan membuatnya tampak lebih tebal dan bervolume," kata Green.

Dinukil dari Medcom.id, berikut tips memulai perawatan rambut menggunakan minyak kelapa:

1. Minyak kelapa bisa dioleskan langsung ke rambut tanpa tambahan apa pun atau bisa juga mencampurnya dengan minyak zaitun. Jika kamu memilih yang terakhir, Green menyarankan untuk menambahkan empat sendok teh minyak zaitun ke setengah cangkir minyak kelapa.

2. Setelah itu, aplikasikan minyak kelapa pada rambut yang kering atau basah. Meskipun begitu, Green menyarankan untuk mengaplikasikannya saat rambut kering.

3. Minyak kelapa dapat menyebabkan jerawat pada orang yang rentan berjerawat. Untuk itu, Green merekomendasikan untuk menggunakan bando atau ikat kepala agar minyak kelapa tidak terkena wajah.

4. Kemudian, biarkan selama 20–30 menit. Jika rambut Anda sangat kering, Green menyarankan untuk membiarkannya selama satu jam atau dibiarkan semalaman.

5. Bilas rambut setelah menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan sisa-sisa minyak yang menempel. “Ulangi selama satu minggu sekali atau lebih sering jika rambutmu benar-benar kering,” saran Green.


(UWA)

Berita Terkait