Berdesakan, Warga Sumenep Berebut Masuk Kapal Terakhir Sebelum Ramadan

Penumpang memasukan barang dari jendela kapal/metrotv Penumpang memasukan barang dari jendela kapal/metrotv

SUMENEP: Ratusan warga menyerbu KMP Monggiyango Hulalo di Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep Jawa Timur, Rabu 22 Maret 2023. Mereka berebut masuk karena takut tidak terangkut.

Warga berebut masuk karena ini adalah kapal terakhir sebelum masuk bulan ramadhan yang akan berlayar menuju Pulau Kangean. Mereka rela berdesakan memi melaksanakan puasa pertama bersama keluarga.

Terlalu banyaknya warga di pintu masuk kapal, membuat barang bawaan warga harus dimasukan lewat jendela kapal yang sebenarnya sangat berbahaya.

BACA: Selama Ramadan, Tempat Hiburan Malam di Jatim Dilarang Buka

Belum lagi kendaraan, mereka juga berebut masuk takut tidak kebagian tempat karena kuotanya dibatasi demi keamanan dan kenyaman.

"Yang penting bisa pulang dan melaksanakan puasa pertama di kampung halaman, berdesakan tidak apa-apa, " ujar salah seorang warga, Jazila Nur Afika.

Sementara Kepala Badan Pengelola Transportasi Darat atau BPTD Pelabuhan Kalianget, Tarto, membenarkan bahwa ada peningkatan penumpang. Selain itu banyak kendaraan dan barang yang tertolak.

"Selain warga dan kendaraan, kapal juga penuh dengan sembako yang dibawa warga untuk persediaan bulan Ramadhan. Saking banyaknya banyak sembako yang tidak terangkut harus menunggu jadwal pelayaran selanjutnya, " ujarnya.


(TOM)

Berita Terkait