Pemkab Banyuwangi Sambut Pendirian Kogartap III Surabaya

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bersama Brigjen TNI Agung Trisnanto di Banyuwangi, jawa Timur. ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bersama Brigjen TNI Agung Trisnanto di Banyuwangi, jawa Timur. ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi

Banyuwangi: Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur menyambut baik pendirian Sub Komando Garnisun Tetap (Kogartap) III/Surabaya di Banyuwangi. Rencana ini dinilai akan meningkatkan kondusifitas daerah.

"Kami yakin kehadiran satuan TNI Kogartap di Banyuwangi akan menambah ketertiban dan keamanan daerah," ucap Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani dikutip dari Antara, Selasa, 21 Mei 2024.

Ipuk juga menyampaikan terima kasih atas komitmen Brigjen TNI Agung Trisnanto untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah. Pemkab Banyuwangi memang membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak untuk membangun daerah bersama-sama.

"Ini kesempatan yang sangat baik bagi kami, semoga kolaborasi antara Pemkab Banyuwangi dan TNI ke depan semakin kuat dan solid," ujar Ipuk.

Kehadiran kantor Garnisun TNI ini bertujuan untuk meningkatkan soliditas satuan TNI di Kogartap III Surabaya dan mendukung kondusifitas wilayah Banyuwangi.

Kogartap III/Surabaya merupakan satuan di bawah Mabes TNI yang bertugas menegakkan hukum, tata tertib, dan disiplin prajurit TNI (TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara) di wilayah Jawa Timur. 

Kantor tersebut berlokasi di Jl Adi Sucipto, Kelurahan Sobo, Kecamatan Banyuwangi, dan dioperasikan oleh 41 personel TNI.

Pendirian kantor ini ditandai dengan penandatanganan surat perjanjian pinjam pakai tanah dan gedung milik Pemkab Banyuwangi antara Mabes TNI Komando Garnisun Tetap III Surabaya dan Pemkab Banyuwangi.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Kepala Staf Komando Garnisun Tetap III/Surabaya Brigjen TNI (Mar) Agung Trisnanto dan Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi Mujiono, di Banyuwangi, pada 29 April 2024.

"Kami berterima kasih atas dukungan Pemkab Banyuwangi terhadap pendirian kantor Sub Kogartap III di Banyuwangi. Banyuwangi merupakan daerah ke-11 yang mendirikan Sub Kogartap III di Jawa Timur," kata Brigjen Agung.

Dirinya menjelaskan bahwa tujuan pendirian Sub Kogartap adalah untuk meningkatkan soliditas satuan-satuan di lingkungan Kogartap III Surabaya. Selain itu, Banyuwangi memenuhi syarat pendirian karena terdapat dua matra TNI, yaitu darat dan laut.

"Kami siap membantu pemkab di luar tugas pokok Garnisun. Kami bisa bekerja sama ikut memelihara ketertiban dan keamanan serta mendukung program pemerintah daerah lainnya," kata Brigjen Agung.


(SUR)

Berita Terkait