Intel Kembangkan Laptop Canggih Pertama, Layar Bisa Dilipat

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Intel sedang mengerjakan spesifikasi layar lipat baru yang dapat membuka pintu ke tingkat komputasi yang baru. Perusahaan percaya, laptop lipat pertama tidak lama lagi dan kemungkinan akan memasuki pasar akhir tahun ini. Intel tampaknya memiliki rencana besar untuk spek layar lipat baru berupa laptop foldable yang dapat beradaptasi dengan berbagai kasus penggunaan.

Dibangun untuk memenuhi semua persyaratan Intel Evo, komputer harus responsif dan menawarkan pengisian cepat, masa pakai baterai yang memuaskan, dan instan wake. Intel Evo terbaru juga menyertakan chip Alder Lake generasi ke-12 terbaru. Hingga sekarang, layar yang dapat dilipat seperti hal baru dibandingkan teknologi fungsional, sebagaimana dikutip dari Digital Trends.

Laptop atau PC yang dapat dilipat bisa menawarkan fleksibilitas yang dapat dicapai perangkat serupa, menampilkan konten dalam semua jenis mode yang berbeda, termasuk mode laptop, tabletop, tablet, dan journal mode. Memproduksi perangkat yang dapat mendukung semua mode ini dengan kesuksesan yang sama tampaknya menjadi tujuan Intel saat ini. Saat seluruh layar dapat dilipat, pengguna diberikan akses ke sudut pandang dan kemungkinan baru.

Baca Juga : Mahasiswa ITS Rancang Robot Penghancur Sampah Laut, Namanya IMAN

Menggunakan satu ayar berkelanjutan sebagai lawan dari dua layar terpisah dapat berguna, terutama saat perangkat nantinya dapat dilipat agar sesuai dengan tugas saat ini. Sayangnya, sejauh ini teknologi ini masih jauh dari polesan. PC yang dapat dilipat menggunakan Windows, dan Windows 10 belum dioptimalkan untuk memaksimalkan potensi layar.

Sejauh ini, Microsoft belum mengatakan apa pun tentang pengoptimalan lebih lanjut untuk layar yang dapat dilipat di Windows 11. Namun, ada kemungkinan dengan rencana Intel untuk tahun ini, kami mungkin melihat dukungan untuk tampilan yang dapat dilipat di pembaruan Windows besar berikutnya.


(ADI)

Berita Terkait