Menilik Masjid Tertua di Bojonegoro, Dibangun Era Perang Diponegoro

Masjid Agung Darussalam yang dibangun di zaman perang Dipenegoro. (Foto / Istimewa) Masjid Agung Darussalam yang dibangun di zaman perang Dipenegoro. (Foto / Istimewa)

BOJONEGORO : Masjid tertua di Bojonegoro rupanya terletak di Jalan Kyai Hasyim Asyari atau barat alun-alun Kota Bojonegoro. Bangunan bernama Masjid Agung Darussalam ini rupanya dibangun di zaman perang Dipenegoro. Sekilas masjid ini tidak banyak perbedaan dengan masjid pada umumnya. Namun jika Anda memasuki serambi dan pintu masjid, maka akan menemukan hiasan bak berlian atas menara dan atap masjid.

Hiasan kaca itu berbentu segi tiga kecil-kecil sehingga mirip dengan berlian. Masjid Agung Darussalam merupakan salah satu masjid tertua di bojonegoro. Bangunan masjid didirikan pada tahun 1825 atau pada masa perang Diponegoro. "Itu bukan berlian asli, tapi kaca yang dimodifikasi," ucap Ketua Takmir Masjid Agung Darussalam, Ahmad Maimun, Minggu 26 Maret 2023.

Atap Bak Berlian Seiring berjalanya waktu, masjid ini mengalami beberapa kali renovasi. Terakhir renovasi dan pemasangan kaca berlian ini dilakukan pada tahun 2014 dan tahun 2022 kemarin di bagian halaman masjid. Meski mengalami beberapa kali renovasi, namun tiang dan kerangka kayu jati di dalam masjid masih tetap terjaga keaslianya.

baca juga : Jelang Sahur, 3 Orang di Malang Tewas Dihantam Kereta

Setiap waktu sholat liam waktu tiba, masjid ini selalu ramai dikunjungi jemaah terlebih saat bulan suci Ramadhan. Masjid dengan dua lantai juga juga dilengkapi gedung perkantoran. "Masjid berlantai dua dilengkapi dengan gedung perkantoran," ucapnya.

Itulah sekitar masjid tertua di Bojonegoro. Kebersihan, keindahan dan kenyamanan di dalam masjid membuat jemaah betah melaksanakan ibadah.

 


(ADI)

Berita Terkait