Alami dan Menyehatkan, Ini 3 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

Beragam manfaat bisa Anda dapatkan dari Aloe vera atau lidah buaya. Foto: Freepik Beragam manfaat bisa Anda dapatkan dari Aloe vera atau lidah buaya. Foto: Freepik

JAKARTA: Beragam manfaat bisa Anda dapatkan dari Aloe vera atau lidah buaya. Selain untuk kecantikan kulit, bahan alami yang satu ini sangat baik digunakan untuk perawatan rambut.

Lantas, apa saja sebenarnya manfaat lidah buaya untuk rambut? Dirangkum dari Medcom.id, simak penjelasannya:

1. Memperkuat dan memperbaiki helai rambut

Gel lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin ini berkontribusi pada pergantian sel, sehingga meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat dan menjadikan rambut lebih berkilau. Vitamin B12 dan asam folat juga terkandung dalam gel lidah buaya. Kedua komponen ini dapat mencegah rambut rontok.

BACA: Agar Hasilnya Maksimal, Begini Cara Pakai Sheet Mask yang Benar

2. Membersihkan rambut berminyak

Lidah buaya membersihkan batang rambut secara efisien dan menghilangkan kelebihan serta residu dari produk rambut lainnya. Menggunakan lidah buaya adalah cara yang bagus untuk mendapatkan rambut yang terlihat lebih sehat, berkilau, dan lembut.

3. Menenangkan kulit kepala yang gatal

Dermatitis seboroik adalah istilah klinis untuk kondisi yang disebut ketombe. Gejala kulit kepala yang gatal dan kulit mengelupas di bawah rambut Anda dapat diobati dengan lidah buaya.

Sebuah studi pada 1998 menemukan bahwa lidah buaya membantu mengatasi peradangan kulit kepala yang disebabkan oleh ketombe. Asam lemak yang ditemukan di tanaman lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi.


(UWA)

Berita Terkait