Awas Penyakit Saat Cuaca Tak Menentu, Ini Tips Jaga Kesehatan Tubuh

Ilustrasi: Freepik Ilustrasi: Freepik

JAKARTA: Banyak penyakit musiman yang mudah menjangkit tubuh saat cuaca tak menentu. Bila tak ditangani dengan tepat bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Lantas, apa saja risiko penyakit yang mungkin terjadi saat cuaca tak menentu?

Dikutip dari Hellosehat, berikut beberapa penyakit musiman yang bisa menyerang tubuh Anda:

1. Flu

Penyebab penyakit flu adalah virus influenza yang menginfeksi hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Perubahan cuaca dingin yang menyebabkan suhu menjadi lebih rendah membuat respons kekebalan lebih lambat dan rentan terkena infeksi.

2. Sakit tenggorokan

Faringitis atau sakit tenggorokan adalah kondisi saat tenggorokan berwarna merah, bengkak dan nyeri, terutama saat menelan. Sakit tenggorokan bisa terjadi karena radang amandel, sariawan atau alergi.

BACA: Bagaimana Hukum Berenang Saat Puasa, Begini Penjelasan Ulama

3. Diare

Diare atau buang air besar encer terjadi saat buang air besar terjadi sebanyak tiga kali atau lebih dalam satu hari. Diare bisa terjadi karena gaya hidup yang tidak higienis dan kurang makan-makanan bergizi.

Tips pola hidup sehat saat cuaca tak menentu

Agar Anda terhindar dari penyakit musiman, ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan. Berikut tips mengatur pola hidup yang sehat di saat cuaca tak menentu:

1. Minum air putih

Tubuh manusia terdiri dari sekitar 60 persen air. Saat cuaca panas, kekurangan cairan tubuh bisa mengakibatkan dehidrasi.

Karena itu penting untuk minum setidaknya 8 hingga 9 gelas air per hari. Air juga membantu tubuh membuang limbah beracun melalui keringat, buang air kecil, dan buang air besar.

BACA: 5 Cara Menghindari Ngantuk Berkendara Saat Puasa

2. Rutin berolahraga

Olahraga bukan hanya membuat tubuh tetap bugar. Akan tetapi, sebenarnya olahraga dapat membantu Anda mencegah datangnya penyakit.

Menurut penelitian Exercise and Sport Sciences Reviews, sistem kekebalan tubuh orang yang teratur berolahraga ringan setiap 45 menit selama 3 hingga 5 hari per minggu lebih kuat melawan infeksi. Terutama infeksi saluran pernapasan bagian atas, seperti pilek, sinusitis, tonsillitis, dan laringitis.

3. Konsumsi makanan bergizi

Makanan bergizi berupa buah-buahan dan sayuran merupakan sumber dari vitamin, mineral, dan serat pangan yang berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh. Jika tubuh kurang mengonsumsi makanan bergizi, dampaknya bisa menyebabkan terjadi berbagai macam penyakit.

BACA: Ingin Kenyang Lebih Lama saat Berpuasa? Ikuti 5 Cara Ini

4. Perbanyak asupan minuman dan makanan hangat

Minuman dan makanan hangat bisa jadi solusi untuk menghangatkan tubuh dan memenuhi nutrisi yang mudah untuk dicerna. Minum teh lemon hangat atau air putih hangat pun bisa Anda biasakan mulai dari sekarang untuk menjaga kondisi tubuh saat cuaca tak menentu.


(UWA)

Berita Terkait