6 Fakta Sungai Aare di Swiss, Lokasi Putra Ridwan Kamil Hilang

Sungai Aare, Kota Bern, Swiss. Foto: bern.com Sungai Aare, Kota Bern, Swiss. Foto: bern.com

JAKARTA: Putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Emmiril Khan Mumtadz atau Eril, hilang terseret arus saat berenang di Sungai Aare, Swiss, pada Kamis, 26 Mei 2022, waktu setempat. Hingga saat ini, tim SAR dan polisis Swiss masih mencari keberadaan Eril.

Lokasi hilangnya Eril adalah salah satu wisata yang terkenal akan keindahannya. Dilansir dari Medcom.id, berikut beberapa fakta terkait Sungai Aare:

1. Sungai terpanjang di Swiss

Dengan panjang 288 kilometer, Aare adalah sungai terpanjang yang mengalir sepenuhnya di Swiss. Sungai ini melewati banyak desa dan kota, dan berkelok-kelok melalui berbagai lanskap yang mengesankan.

Sungai Aare bermuara di gletser Aar Bawah dan Atas di Bernese Oberland, kemudian melintasi tiga wilayah Bern, Solothurn dan Aargau serta empat danau (Danau Brienz, Thun, Wohlen dan Biel). Rutenya ke utara berakhir di Koblenz, memasuki Rhine.

2. Memiliki 17 jembatan

Sebanyak 17 jembatan membentang di sungai Aare di kota Bern, tidak termasuk jembatan kereta api dan jalan raya. Yang tertua, dan salah satu jembatan tertua di Swiss, adalah batu Untertorbrücke (jembatan Untertor), yang menghubungkan distrik Matte dengan Altenberg dan selesai pada 1487.

BACA: Anak Gubernur Ridwan Kamil Hilang Terseret Arus

3. Warisan Budaya Takbenda Swiss

Sejak 2017, berenang di sungai Aare telah masuk dalam daftar tradisi hidup UNESCO dan karenanya merupakan bagian dari warisan budaya takbenda Swiss. Kantor Kebudayaan Federal Swiss memutuskan kegiatan mana yang diklasifikasikan sebagai "tradisi hidup". Daftar tersebut mencerminkan keragaman budaya Swiss dan telah secara aktif dipertahankan dan diperluas sejak 2012.

4. Digunakan untuk arung jeram

Rekor dunia untuk arung jeram di Sungai Aare dibuat di Bern pada 2012, ketika total 1.268 orang secara bersamaan mengarungi sungai Aare dengan perahu karet, dari Kiesen ke Eichholz. Seluruh operasi diprakarsai oleh portal rekreasi online Gonnado, dan jumlah total peserta melebihi rekor tahun sebelumnya, yaitu 54 orang.

5. Kegiatan berenang tahunan di Sungai Aare

Sejak 1986, SLRG (Swiss Lifesaving Society) menyelenggarakan acara tradisional “Zibeleschwümme” (Renang Bawang) tiap hari Minggu keempat di bulan November. Sekitar 100 perenang berpakaian warna-warni berani ambil bagian, dengan suhu air di sungai Aare yang sedingin es mencapai maksimum 6 °C. Rute dimulai di Schönausteg dan mencakup total 350 meter.

6. Kualitas air Sungai Aare sangat baik

Sungai Aare memiliki kualitas air yang sangat baik. Hal ini telah dikonfirmasi oleh sampel air, yang menempatkan sungai Aare dalam kategori “kualitas sangat baik” oleh Uni Eropa pada  2016.


(UWA)

Berita Terkait