13.515 Pelajar Surabaya Akan Mengikuti Beasiswa

Ilustrasi: Medcom.id Ilustrasi: Medcom.id

Surabaya: Sebanyak 13.515 pelajar SMA, SMK, MA dan sederajat di Kota Surabaya akan mengikuti  beasiswa yang ditanggung dalam APBD 2022. Wakil Wali kota Surabaya, Armuji, menegaskan seleksi penerimaan beasiswa pelajar menyasar siswa dari kelompok keluarga berpenghasilan rendah.

 
"Kalau perlu dalam proses seleksi dilakukan verifikasi faktual sehingga tepat sasaran," kata Armuji dilansir dari Medcom.id, Kamis, 24 Maret 2022.
 

Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya tengah melakukan seleksi untuk penerima beasiswa tersebut. Selain itu terdapat A10 orang tim penyeleksi yang berasal dari organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Surabaya, Dewan Pendidikan Surabaya dan pakar pendidikan. 

Armuji menambahkan setelah diberlakukan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, kewenangan penyelenggaraan pendidikan jenjang SMA/SMK ada di tingkat provinsi.

Armuji dan Wali Kota Eri Cahyadi saat ini berupaya merealisasikan beasiswa bagi siswa SMA/SMK yang menjadi visi dan misi mereka.  Pada proses seleksi tersebut, kata Armuji, Pemkot Surabaya akan menentukan kriteria pelajar yang berprestasi untuk mendapatkan beasiswa.
 
Bagi pelajar yang mendapatkan beasiswa tersebut, akan mendapatkan biaya bantuan pendidikan per bulan sekaligus bantuan seragam. 
Tiap siswa akan mendapatkan beasiswa sebesar Rp200 ribu per bulan. 

"Untuk formatnya sedang dimatangkan. Harapannya anak-anak lebih bersemangat sekolah karena pemerintah kota sudah membantu," ujar Armu


(UWA)

Berita Terkait