BMKG Prediksi Hujan Guyur 34 Provinsi di Indonesia Hari Ini

Sejumlah pengendara menembus hujan saat melintas di Jalan Jenderal Sudirman Palembang, Sumatra Selatan. Foto: Antara/Nova Wahyudi/aww Sejumlah pengendara menembus hujan saat melintas di Jalan Jenderal Sudirman Palembang, Sumatra Selatan. Foto: Antara/Nova Wahyudi/aww

JAKARTA: Hujan diprediksi mengguyur sejumlah wilayah di 34 provinsi di Indonesia, pada Kamis, 16 Juni 2022. Hujan berlangsung dengan intensitas ringan hingga lebat.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hujan berpotensi mengguyur Pulau Sumatra di wilayah Aceh dengan intensitas sedang disertai petir. Sementara itu, Padang dan Bengkulu cerah berawan.

"Beralih ke pulau Jawa, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Semarang dan Serang. Hujan dengan intensitas lebat diperkirakan mengguyur wilayah Bandung, sedangkan Jakarta berawan," dikutip dari Antara, Kamis, 16 Juni 2022.

Potensi hujan disertai petir juga berpotensi melanda wilayah Yogyakarta dan Surabaya. Sedangkan di Pulau Kalimantan, hujan ringan berpotensi terjadi di Banjarmasin dan Palangka Raya. Potensi hujan lebat disertai petir dapat terjadi di Pontianak dan Samarinda. Khusus Tanjung Selor diperkirakan berkabut.

BACA: Diguyur Hujan Lebat, Tebing di Ngawi Longor Timpa Rumah Warga

Di Sulawesi, potensi hujan ringan diperkirakan mengguyur wilayah Gorontalo dan Kendari. Potensi hujan sedang diperkirakan terdapat di wilayah Makassar.

Sementara di Pulau Bali, hujan ringan diperkirakan mengguyur wilayah Denpasar. Wilayah Mataram diperkirakan berpotensi hujan disertai petir. Wilayah timur Indonesia umumnya diguyur hujan ringan hingga lebat meliputi wilayah Papua dan Ternate.

BMKG melaporkan, kondisi curah hujan itu dipengaruhi bibit siklon tropis 94S yang terpantau di Samudra Hindia Barat Daya, Bengkulu dengan kecepatan angin maksimum 15 knot dan tekanan udara minimum 1007,6 hpa.


(UWA)

Berita Terkait