5 Jenis Olahraga Ini Cocok Saat Puasa Ramadan

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Bulan suci Ramadan menjadi kesempatan bagi setiap muslim untuk memperoleh kesehatan fisik. Salah satu bentuknya yakni menahan diri dari makanan dan minuman dimulai sebelum terbit matahari hingga petang. Selain soal makanan, Ramadan bisa juga dimanfaatkan dengan aktivitas fisik agar tetap bugar.

Meski tidak makan dan minum, bukan berarti setiap individu tidak bisa berolahraga. Ada sejumlah olahraga yang cocok dilakukan saat puasa Ramadan. Semuanya sangat pas dilakukan untuk menunggu waktu berbuka.

Berikut 5 Olahraga yang Cocok saat Puasa Ramadan:

1. Jalan Santai

Seandainya ingin menghindari keringat berlebih selama berpuasa, Anda bisa melakukan aktivitas fisik yang ringan. Misalnya jalan santai di sekitar area rumah. Lakukan ini setiap hari maka aktivitas otot terutama di daerah kaki akan terlatih. Di sisi lain, jalan santai juga berpengaruh kepada kinerja jantung dan pembakaran lemak.

2. Bersepeda

Lakukan aktivitas bersepeda sore hari menjelang buka puasa. Selain untuk “membunuh” waktu menunggu Maghrib, bersepeda juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Seperti diketahui, bersepeda merupakan aktivitas cardio yang memicu kinerja jantung semakin baik. Selain itu bersepeda juga baik untuk kerangka otot kaki dan punggung.

Baca juga : Mengenal Alopecia, Penyakit yang Membuat Istri Will Smith Botak

3. Latihan Beban

Dengan berpuasa bukan berarti tidak bisa berolahraga latihan beban. Anda bisa melakukannya dengan beban ringan dan memperbanyak repetisi. Latihan ini akan bermanfaat terutama untuk daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Bukan hanya itu, pembakaran lemak dengan menjaga otot akan lebih baik.

4. Jogging

Aktivitas ini mirip dengan jalan santai, tapi intensitasnya jaub lebih tinggi. Anda bisa melakukan jogging menjelang berbuka puasa ataupun malam hari.

5. Yoga

Yoga termasuk olahraga ringan sehingga tak terlalu menguras energi. Berlatih Yoga saat puasa akan membuat tubuh menjaid rileks, bugar dan lebih santai. Di sisi lain, Yoga bisa membuat Anda memiliki kesehatan mental. Otomatis kebermanfaatannya semakin berlipat ganda.

 


(ADI)

Berita Terkait