Arti dan Keutamaan Bulan Syaban dalam Islam

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Arti Bulan Syaban dalam Islam yakni kelompok atau golongan. Dalam kalender Hijriah, Bulan Syaban merupakan bulan kedelapan setelah Rajab. Bulan Syaban juga pintu gerbang sebelum memasuki Bulan Suci Ramadhan.

Sesuai kalender Falakiyah NU, Bulan Syaban jatuh bertepatan Jumat, 4 Maret 2022. Artinya, pada Kamis 3 Maret 2022 malam selepas magrib, umat islam sudah memasuki Bulan Syaban. Hal ini karena perhitungan kalender qamariah dimulai pada malam hari selepas magrib. Sedangkan malam Nisfu Syaban 2022 sesuai kalender jatuh pada 18 Maret 2022 bertepatan Hari Jumat.

Namun, Muslim sudah bisa melaksanakan amalan malam Nisfu Syaban pada Kamis 17 Maret 2022 malam. Kendati demikian akhir bulan Rajab dan awal Bulan Syaban bisa saja berubah sesuai pengamatan hilal. Mengikuti kalender Hijriah jumlah hari pada bulan Rajab ada 30 hari.

Jika dihitung dari ditetapkannya 1 Rajab pada 3 Februari 2022 maka akhir Rajab akan jatuh pada tanggal 4 Maret 2022. Dengan demikian, awal Bulan Syaban 2022 bisa saja berubah dan mundur ke tanggal 5 Maret bergantung kemunculan bulan baru atau hilal.

Baca juga : 5 Dampak Buruk Akibat Kurang Tidur bagi Tubuh Anda

Arti Bulan Syaban dalam Islam dan Asal Usulnya

Bulan Syaban diambil dari kata Sya’bun, yang artinya kelompok atau golongan. Syaban berasal dari syaabai qabailu, artinya kabilah-kabilan itu mulai berpencar untuk mengadakan serangan. Dijamakkan dalam bentuk sya'abin dan Sya’banat.

Dinamakan Syaban karena pada bulan ini, masyarakat jahiliyah berpencar mencari air. Ada juga yang mengatakan, mereka berpencar menjadi beberapa kelompok untuk melakukan peperangan. Syaikh Abdurrazaq as-Sa’di mengatakan bahwa nama Syaban diberi karena pada saat itu para kabilah Arab berpencar dan berpisah lantaran perang, setelah sebelumnya berdiam diri untuk tidak kemana-mana karena diharamkan berperang pada bulan Rajab.

Sama halnya dengan bulan Rajab, Bulan Syaban ini mempunyai julukan al-Qa?ir yang artinya itu singkat atau pendek. Hal ini mungkin dikarenakan kebanyakan manusia menunggu-nunggu datangnya bulan Ramadhan yang datang setelah bulan Syaban.

Keutamaan Bulan Syaban

Dikutip dari Pusat Kajian Hadis, amalan harian manusia di laporkan setiap bakda shubuh dan ashar, amalan mingguannya setiap hari senin dan amalan tahunan pada Bulan Syaban. Bulan Syaban juga disebut dengan bulan yang penuh dengan ampunan. Imam Ghazali mengistilahkan malam Nisfu Sya’ban sebagai malam yang penuh dengan syafaat (pertolongan).

Doa Menyambut Bulan Syaban

Menyambut Bulan Syaban dianjurkan untuk membaca doa agar mendapat keberkahan rezeki dan dipanjangkan umur sehingga bisa sampai memasuki Bulan Ramadhan. "Allahumma baarik lana fii rojaba wa sya'bana, wa ballighna romadhona wa hashshil maqoshidana, bi rohmatika ya Arhamar Rohimin".

Artinya: Ya Allah, Berkahkanlah kami di bulan rajab dan sya'ban ini, sampaikanlah kami pada bulan ramadhan, dan hasilkanlah maksud maksud kami, dengan rahmat-Mu wahai Dzat yang Maha Pengasih.

 


(ADI)

Berita Terkait