Masjidil Haram Dibuka Kapasitas Penuh, Arab Saudi Longgarkan Pembatasan Covid-19

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

JAKARTA : Arab Saudi akan melonggarkan pembatasan covid-19 mulai Minggu 17 Oktober 2021. Langkah ini diambil setelah negara itu mengalami penurunan tajam kasus infeksi harian covid-19. Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu 16 Oktober 2021, menyatakan, jumlah warga yang sudah mendapatkan vaksin juga covid-19 meningkat.

Pemerintah akan memperlonggar jarak sosial serta membuka Dua Masjid Suci, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, dalam kapasitas penuh bagi mereka yang sudah menggunakan dua dosis. Namun para pekerja, jemaah, dan pengunjung harus tetap mengenakan masker. Aturan yang sama berlaku untuk tempat-tempat tertutup seperti gedung pertemuan, sarana transportasi, restoran, dan bioskop, tentunya dengan menerapkan aturan jaga jarak.

Pesta pernikahan juga akan diizinkan namun dengan jumlah tamu terbatas. Pemilik hajat juga diwajibkan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Nantinya warga juga tidak diwajibkan menggunakan masker di tempat-tempat umum terbuka, namun di tempat-tempat tertutup masih harus dikenakan.

Baca Juga : Dubes Arab Saudi Janji Segera Buka Umrah dan Haji


(ADI)

Berita Terkait