PKL Masjid Al Akbar ke Direlokasi ke Pasar Rakyat Jambangan

Suasana Pasar Rakyat Jambangan Kota Surabaya, Minggu (13/11/2022). ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya Suasana Pasar Rakyat Jambangan Kota Surabaya, Minggu (13/11/2022). ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya merelokasi ratusan pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Masjid Al Akbar Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu, 13 November 2022. PKL dipindah ke Pasar Rakyat Jambangan.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Kota Surabaya Fauzie Mustaqiem Yos menyebut saat ini sudah ada 348 pedagang yang menempati stan di Pasar Rakyat Jambangan. Menurutnya, jumlah itu akan terus bertambah karena fasilitas di tempat tersebut sudah memadai.

Dia menjelaskan Pemkot Surabaya sudah memperbaiki lahan kosong yang berada di sisi utara Masjid Al-Akbar. Tempat itu pun kini diberi nama Pasar Rakyat Jambangan.

“Pemkot Surabaya memasang paving dan melengkapi penerangannya. Tentunya, akan terus ada perbaikan-perbaikan, termasuk rombong yang sudah kurang layak,” ungkap Fauzie, dikutip dari Antara, Minggu, 13 November 2022. 

Dia berharap fasilitas itu dapat memudahkan para pedagang dalam menambah pundi-pundi uang.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan pasar itu sengaja dibangun di sekitar masjid supaya para warga yang berkunjung ke Masjid Al-Akbar bisa menikmati kuliner. Nantinya, Pemkot Surabaya juga menyediakan fasilitas bermain untuk anak dan stan untuk produk UMKM.

"Saya berharap akhir bulan ini bisa lebih baik lagi dan bahkan sempurna Pasar Rakyat ini," ujar Eri.

Baca Juga: DPRD Surabaya Minta Pemkot Relokasi Pedagang Pasar Krempyeng Kutisari


(UWA)