Usir Roh Jahat, Umat Hindu Blitar Raya Gelar Pawai Ogoh-ogoh

 Pawai ogoh-ogoh di Jalan Bromo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar/metrotv Pawai ogoh-ogoh di Jalan Bromo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar/metrotv

BLITAR: Ribuan umat hindu mengelar pawai ogoh-ogoh di Jalan Bromo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Selasa, 21 Maret 2023.  Diharapkan ritual keagamaan ini juga juga bisa menjadi daya tarik wisatawan.

Dengan membawa atribut keagamaan dan berbagai patung raksasa dengan karakter jahat, ribuan umat hindu di Blitar Raya, terlihat antusias  mengikuti pawai. Maklum, ritual ini sempat terhenti selama tiga tahun akibat pandemi covid-19.

Pawai ogoh-ogoh ini sebelumnya menjadi agenda rutin setiap tahun menyambut datangnya Hari Raya Nyepi yang jatuh pada Rabu besok, 22 Maret 2023.

BACA: Nyepi, Penyeberangan Banyuwangi-Bali Ditutup Dua Hari

Ketua Panitia Pawai Ogoh-ogoh Blitar Raya Setiyoko mengatakan, kegaitan ini merupakan rentetan dari perayaan Hari Raya Nyepi yang digelar setiap tahun.

"Pawai dimaksudkan untuk mengusir segela roh jahat, dan menyucikan lingkungan agar terhindar dari mala petaka, " ujarnya.

Usai diarak keliling, ogoh-ogoh kemudian dibawa pulang ke tempat ibadah masing masing dan dibakar. Ritual ini sebagai simbol menghilang sifat buruk dari ogoh-ogoh tersebut sebelum umat Hindu melakukan Nyepi.

 


(TOM)

Berita Terkait