Ada 9 Rektor Perempuan di Indonesia. Dua dari Kampus di Jatim lho

Prof Reini Wirahadikusumah PhD dilantik sebagai Rektor ITB periode 2020-2025. Foto: ITB/Novrian Arbi Prof Reini Wirahadikusumah PhD dilantik sebagai Rektor ITB periode 2020-2025. Foto: ITB/Novrian Arbi

Jakarta: Tanggal 8 Maret diperingati sebagai hari Perempuan Internasional setiap tahunnya. Banyak perempuan Indonesia yang menjadi pimpinan sebuah perusahaan, menteri, tak terkecuali juga pimpinan perguruan tinggi.

Di Indonesia tercatat ada sembilan perempuan yang memegang tonggak kepemimpinan perguruan tinggi. Baik negeri maupun swasta.

Dikutip dari Instagram resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) @ditjen.dikti berikut deretan perempuan yang pernah dan masih menjabat pimpinan perguruan tinggi:

1. Rektor ITB Prof. Ir. N. R. Reini Djuhraeni Wirahadikusumah, MSCE, PhD

Reini terpilih menjadi Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk periode 2020-2025. Ia menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai Rektor ITB.

Reini juga merupakan seorang dosen dan Guru Besar Kelompok Keahlian Manajemen Rekayasa Konstruksi, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) ITB.

2. Rektor Singaperbangsa Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak., CA.

Sri Mulyani terpilih sebagai Rektor Universitas Singaperbangsa Karawang untuk periode 2020-2024. Dia juga merupakan Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran (Unpad).

Sri Mulyani sebelumnya menjabat sebagai ketua Program Studi Doktor Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad.

Baca juga:  Kisah Butet Manurung, Alumnus Dua Gelar Sarjana di Unpad

3. Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc. Ph.D.

Dwikorita dilantik menjadi Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) pada masa bakti 2014-2017. Saat ini, Dwikorita menjabat sebagai Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).


4. Rektor Unpad Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE.

Rina menjadi Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) periode 2019-2024. Lulusan Osaka Prefecture University ini, juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

5. Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A

Dwia merupakan rektor pertama Universitas Hasanuddin (Unhas) yang mulai menjabat pada 2014 hingga sekarang. Sebelumnya ia menjabat sebagai Wakil Rektor (Warek) IV Bidang Perencanaan, Pengembangan, dan Kerja sama.

6. Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc., DEA

Ellen menjabat sebagai rektor Sam Ratulangi (Unsrat) pada periode 2014-2018. Sebelumnya ia menjabat Dekan Fakultas Teknik Unsrat 2006-2010.

7. Rektor ASIA Risa Santoso, B.A., M.Ed.

Risa terpilih dan dilantik menjadi Rektor Institut Teknologi dan Bisnis ASIA Malang pada 2 November 2019 dan menjadi rektor termuda di Indonesia. Ia dilantik menjadi rektor di usianya yang masih 27 tahun.

Risa memiliki gelar magister pendidikan dari Harvard Graduate School Of Education. 

8. Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed, Ph.D

Tian, Rektor Universitas Terbuka (UT) untuk periode 2013-2017. Ia telah memulai karier di Universitas Terbuka sejak tahun 1985.

9. Rektor Universitas Gajayana Prof. Dyah Sawitri, SE., MM

Dyah Sawitri menjabat sebagai Rektor Universitas Gajayana (Uniga) Malang selama dua periode. Terbaru ia dilantik sebagai rektor Uniga untuk periode 2020 – 2024.


(IDM)