PT KAI Daop 8 Surabaya Tambah Petugas di Pelintasan selama Arus Mudik Lebaran, Ini Tujuannya

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya menambah petugas di pelintasan selama arus mudik Lebaran. Petugas itu meliputi Penjaga Jalan Lintas (PJL) 60 orang dan Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ) 38 orang. Selain itu, KAI juga menyiapkan tenaga keamanan sebanyak 470 personel, terdiri atas Polsuska, security, serta TNI/Polri (eksternal).

"Ini dilakukan guna meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api. KAI juga terus melakukan pengecekan secara berkala terhadap titik yang memiliki potensi rawan bencana,” kata Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Jumat 14 April 2023.

Di samping itu, KAI telah memastikan keandalan sarana dan prasarana, bersama Kementerian Perhubungan serta melakukan Ramp Check atau pemeriksaan kelaikan dan kesiapoperasian lokomotif dan kereta untuk memastikan kereta api dalam kondisi prima. Ada sebanyak 62 lokomotif dan 1.044 kereta yang siap dioperasikan guna memberikan layanan terbaik bagi pelanggan KAI.

baca juga : Gaji ke-13 Tenaga non-ASN Surabaya Pakai Skema Honorarium

"Dari sisi fasilitas, kami persiapkan dengan optimal mulai dari memasuki area stasiun, di atas kereta, hingga keluar area stasiun tujuan. Kebersihan area stasiun, ruang tunggu penumpang, toilet, serta kereta terus dijaga untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan," ujarnya.

Sementara itu, KAI Daop 8 Surabaya melaksanakan Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2023 dipimpin oleh Deputy EVP Daop 8 Surabaya, Mariyanto di Kantor Daop 8 Surabaya. Apel Gelar Pasukan ini menandai hari pertama dilaksanakannya masa posko Angkutan Lebaran KAI dalam rangka melayani masyarakat yang menggunakan moda angkutan kereta api.

Pada masa Angkutan Lebaran tahun ini, KAI menetapkan periode Angkutan Lebaran selama 19 hari dari 14 April sampai dengan 2 Mei 2023. "Pada Lebaran tahun 2023 ini, KAI Daop 8 Surabaya telah menyiapkan semua aspek untuk melayani pelanggan secara maksimal," pungkasnya.


(ADI)

Berita Terkait