10 Cara Mengatasi Hidung Mampet

Ilustrasi Ilustrasi

CLICKS: Hidung tersumbat menjadi salah satu gejala flu yang terjadi selama musim peralihan atau musim pancaroba seperti sekarang ini. Gejala satu ini membuat rasa tidak nyaman karena kesulitan bernapas.

Hidung mampet juga bisa menimbulkan gejala lain, seperti sakit kepala hingga penurunan kemampuan indra penciuman. Kalau hidung Anda tersumbat, tidak perlu panik. Ada beragam cara untuk mengatasi hidung tersumbat yang bisa Anda coba di rumah.

Berikut 10 cara ampuh mengatasi hidung tersumbat dikutip dari berbagai sumber:

1. Matikan AC dan kipas angin

Lendir di rongga hidung akan menumpuk jika Anda merasa kedinginan akibat AC maupun kipas angin, sehingga menyebabkan hidung tersumbat. Cobalah untuk mematikan AC dan kipas angin untuk menghangatkan tubuh. Bisa juga dengan menggunakan pakaian hangat atau selimut ketika tidur.

2. Menghirup uap hangat

Anda bisa mengatasi hidung tersumbat dengan menghirup uap hangat. Caranya mudah, tinggal memasak air panas dan menuangkannya dalam wadah. Taruhlah wajah Anda di hadapan wadah yang sudah terisi air panas. Anda bisa menghirup uap hangat secara perlahan. Uap panas dapat membantu mencairkan lendir di rongga hidung yang menyebabkan hidung mampet.

3. Mandi air hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya, yakni mandi dengan air hangat. Cara satu ini sangat ampuh untuk membuat lendir di rongga hidung lebih cair dan mudah dikeluarkan.

4. Minum banyak air putih

Anda bisa minum banyak air putih, terlebih air putih hangat, untuk meredakan gejala flu satu ini. Pasalnya, minum air hangat bisa membantu mengencerkan lendir di rongga hidung.

5. Menggunakan pelembab udara

Bagi Anda yang memiliki alat pelembab udara atau biasa disebut humidifier dapat bernafas lega. Humidifier mampu membantu meredakan hidung tersumbat. Udara yang lembab akan menenangkan iritasi yang menjadi sumber peradangan di hidung. Ketika iritasi mereda gejala hidung tersumbat akan berkurang.

6. Keluarkan lendir di hidung

Kebiasaan menghirup ingus atau lendir kembali ke dalam hidung tidaklah baik. Justru kebiasaan ini membuat lendir menumpuk di rongga hidung dan semakin membuat hidung tersumbat lebih parah. Sebaiknya, jika memang merasa ada ingus yang keluar, keluarkanlah ingus tersebut.

Usahakan jangan membuang ingus terlalu kencang, karena akan mengirim kembali dahak pembawa kuman ke saluran telinga. Cara membuang ingus yang tepat adalah dengan menutup salah satu saluran hidung, kemudian buang ingus di bagian lubang lainnya.

7. Menggunakan dekongestan

Belilah obat oral atau obat nasal berjenis dekongestan. Obat jenis ini memiliki zat yang mampu mengurangi peradangan dalam saluran hidung. Jika ingin hasil yang lebih cepat, gunakan dekongestan jenis nasal. Penggunaannya dengan cara disemprotkan ke dalam hidung.

8. Mengonsumsi teh herbal

Anda bisa memilih variasi teh herbal seperti teh jahe, teh peppermint, atau teh lemon dan madu hangat. Beberapa minuman ini mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan pernafasan.

9. Mengoleskan minyak eucalyptus

Minyak eucalyptus dipercaya ampuh mengatasi hidung tersumbat. Caranya juga mudah, Anda tinggal mengoleskan minyak eucalyptus di sekitar hidung. Anda juga bisa langsung menghirup minyak eucalyptus. Uap dari minyak ini mampu membuat lapisan lendir di rongga hidung menipis, sehingga Anda bisa bernapas lebih lega.

10. Konsumsi obat

Selain melakukan cara-cara di atas, Anda tentunya juga bisa mimum obat-obatan yang dijual bebas di apotek. Belilah obat pilek yang umumnya akan meringankan gejala hidung tersumbat. Obat dengan bahan aktif Dextromenthorphan HBr dan Doxylamine Succinate dapat memberi rasa hangat di tenggorokan sehingga meringankan gejala batuk dan pilek.

 


(TOM)

Berita Terkait