Brasil Libas Serbia, Richarlison Bintangnya!

Selebrasi pemain Brasil/ist Selebrasi pemain Brasil/ist

DOHA: Poin sempurna diraih Brasil dalam laga perdananya di Grup G Piala Dunia 2022. Tim Samba menang telak atas Serbia 2-0 pada Jumat dini hari, 25 November 2022. Dua gol Brasil diborong Richarlison.

Brasil langsung menekan sejak menit pertama. Tapi rapatnya pertahanan Serbia membuat mereka kesulitan menciptakan peluang.

Brasil sempat menebar ancaman pada menit ke-35. Namun tembakan Raphinha dari dalam kotak penalti masih terlalu lemah dan bisa diamankan Vanja Milinkovic-Savic.

Brasil terus berusaha menembus pertahanan Serbia sepanjang sisa waktu yang ada. Namun hingga turun minum, tak ada gol yang tercipta.

BACA: Tanpa Selebrasi, Embolo Antar Swiss Tekuk Kamerun

Memasuki babak kedua, Brasil masih mengendalikan tempo permainan. Bahkan nyaris memecah kebuntuan semenit setelah babak kedua bergulir, tapi lagi-lagi tembakan Raphinha terlalu lemah dan kembali dihalau Vanja Milinkovic-Savic.

Brasil kembali mengancam gawang Serbia pada menit ke-60. Sayangnya tembakan jarak jauh Alex Sandro hanya membentur tiang gawang.

Brasil akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit ke-63. Berawal dari pergerakan Neymar di sisi kanan pertahanan Serbia, sang bintang memberi umpan kepada Vinicius Junior yang melepaskan tembakan melengkung.

Usaha striker Real Madrid itu dihalau dengan gemilang oleh Vanja Milinkovic-Savic. Tapi bola liar mengarah ke Richarlison yang dengan mudah menceploskan bola ke gawang yang kosong.

Tertinggal membuat Serbia bermain lebih terbuka. Alih-alih menciptakan peluang, mereka justru tertekan karena berkali-kali gagal melewati pressing intens Brasil.

Dominasi Brasil akhirnya membuahkan gol kedua pada menit ke-74. Richarlison mencetak gol keduanya di laga ini setelah menguasai umpan Vinicius dan melepaskan tembakan akrobatik yang mengoyak gawang Serbia.

Unggul dua gol membuat Brasil menguasai momentum. Bahkan, anak-anak asuh Tite nyaris menambah gol pada menit ke-81 andai tembakan Casemiro dari luar kotak penalti tak membentur tiang.

Semenit berselang, Brasil kembali mengancam gawang Serbia. Tapi kali ini Vanja Milinkovic-Savic berhasil membendung tembakan Rodrygo Goes.

Brasil lagi-lagi mengancam gawang Serbia pada menit ke-83. Namun tembakan Fred dari luar kotak penalti mentah di tangan Vanja Milinkovic-Savic.

Setelahnya, Brasil mulai menurunkan tempo permainan. Mereka juga dengan mudah memotong alur serangan Serbia sehingga tak bisa mengembangkan permainan.

Alhasil, skor 2-0 untuk keunggulan Brasil bertahan hingga bubaran dan tambahan tiga angka membuat mereka memuncaki klasemen sementara grup G. Sedangkan Serbia terbenam di dasar klasemen.

Susunan pemain:
Brasil
: Alisson; Danilo, Marquinhos, Silva, Sandro; Casemiro, Paqueta (Fred 75'); Raphinha (Martinelli 87'), Neymar (Antony 80'), Vinicius (Rodrygo 76'); Richarlison (Jesus 79')

Serbia: Vanja; Veljkovic, Milenkovic, Pavlovic; Zivkovic (Radonjic 57'), Lukic (Lazovic 66'), Gudelj (Ilic 57'), Sergej, Mladnovic (Vlahovic 66'); Tadic; Mitrovic (Maksimovic 83')

 


(TOM)