Sejarah Megengan, Tradisi Masyarakat Jawa Menyambut Ramadan

Tradisi Grebek Apem atau megengan di Alun-alun Jombang/metrotv Tradisi Grebek Apem atau megengan di Alun-alun Jombang/metrotv

CLICKS.ID: Indonesia memiliki tradisi di setiap hari besarnya, termasuk Ramadan. Salah satunya ialah acara selametan yang disebut dengan Megengan. Tradisi tersebut dilakukan masyarakat Jawa untuk menyambut datangnya bulan suci umat Islam tersebut.

Kata megengan diambil dari bahasa Jawa yang berarti menahan. Acara ini digelar untuk mengingatkan masyarakat akan datangnya bulan Ramadan. Seluruh umat Islam diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Dalam menjalankannya, umat Islam diminta untuk menahan segala bentuk perbuatan yang dapat menggugurkan ibadah puasa.

Makna lain di balik acara Megengan adalah permohonan maaf bagi sesama. Permohonan maaf disimbolkan dengan kue apem, kudapan khas Jawa yang biasa disajikan pada acara-acara adat. Apem dalam acara megengan ternyata memiliki makna tersendiri. Istilah apem diambil dari kata ngafwan atau ngafwun yang berarti permohonan maaf.

BACA: Tandai Bulan Ramadan, Warga Jombang Gelar Tradisi Rebutan Kue Apem

Megengan merupakan alkuturasi budaya Jawa dan budaya Islam yang dilakukan Wali Songo saat menyebarkan ajaran Islam di Jawa dan memiliki tujuan agar Islam dapat diterima oleh masyarakat. Megengan digelar pada minggu terakhir bulan Sya'ban, terletak di antara dua bulan mulia yaitu Rajab dan Ramadan.

Megengan dilakukan sebagai wujud rasa syukur karena masih dipertemukan dengan bulan Ramadan. Rasa syukur tersebut diwujudkan dengan makanan yang dibuat oleh masyarakat, kemudian dibagikan kepada orang-orang yang tinggal di sekelilingnya.

Sebelum perayaan Megengan, orang-orang akan datang ke makam untuk berdoa dan menabur bunga yang dikenal dengan nyekar. Tradisi Megengan dilaksanakan di masjid, mushola, langgar, atau pun dari rumah ke rumah. Kemudian, Megengan dimulai pada waktu petang dengan dihadiri tamu undangan yang bersila di atas tikar dihadapkan dengan ambengan sebagai sajian untuk acara Megengan.

 


(TOM)

Berita Terkait