Miliki Sistem Operasi Baru, Microsoft Bakal Hentikan Dukungan untuk Windows 10

windows 11 (Foto / Istimewa) windows 11 (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Microsoft sudah mempunyai sistem operasi baru, Windows 11. Kehadiran sistem operasi baru membuat perusahaan software ini akan mencabut dukungan Windows 10 pada 14 Oktober 2025. Microsoft perlahan-lahan memindahkan miliaran pengguna Windows ke Windows 11.

OS secara bertahap akan diluncurkan ke perangkat Windows yang kompatibel antara 5 Oktober dan pertengahan 2022. Windows 11 akan memiliki desain baru yang meminjam tampilan seperti Mac, dan akan menyertakan fitur yang diperbarui. Misalnya, Windows Start Menu mendapatkan penyegaran yang memindahkannya ke tempat lain di layar.

Dikutip dari Cnet, ada juga perubahan untuk membuat aplikasi Android lebih mudah tersedia di Windows 11. Saat banyak orang bersiap untuk memperbarui laptop dan desktop Windows mereka ke software baru, apa yang terjadi pada PC yang masih menjalankan Windows 10 pada 2025?

Baca Juga : Genshin Impact Jadi Game Terlaris, Raup Rp28 Triliun di Tahun Pertama Rilis

Seperti yang terjadi pada Windows 7 pada Januari 2020, Microsoft akan menarik dukungan aktif untuk Windows 10 pada 2025. Anda masih dapat menggunakan software itu, tapi Anda tidak akan mendapatkan pembaruan keamanan lagi. Selain itu tidak akan ada fitur baru yang ditambahkan ke software. Sebaliknya, Microsoft mengalihkan fokusnya ke Windows 11, yang hadir dengan aplikasi Android, widget desktop, dan fitur game Xbox baru untuk PC.

Apakah Pengguna Harus Beralih ke Windows 11?

Mungkin tidak. Banyak orang yang masih menjalankan Windows 7 dan 8 di komputer mereka dan tak pernah beralih ke Windows 10. Namun, disarankan untuk menggunakan software terbaru agar Anda mendapatkan pembaruan keamanan. Tanpa pembaruan keamanan, komputer Anda berisiko terkena malware dan kerentanan lain yang dapat membuat Anda terkena peretasan, virus, dan lainnya.
Apakah Windows 11 Benar-Benar Gratis untuk Ditingkatkan?

Ya. Pembaruan gratis ke PC Windows 10 yang memenuhi syarat akan tersedia usai Microsoft meluncurkan Windows 11 pada 5 Oktober. Pemutakhiran gratis akan berlanjut hingga 2022. Jika Anda masih menjalankan Windows 7 tapi ingin meningkatkan ke Windows 11, Anda harus terlebih dulu meningkatkan ke Windows 10 agar memenuhi syarat.

 


(ADI)

Berita Terkait