Hilangkan Trauma, Petugas Bersihkan Puing Bangunan Ledakan Blitar

Puing ledakan Blitar dibersihkan (Foto / Metro TV) Puing ledakan Blitar dibersihkan (Foto / Metro TV)

BLITAR : Petugas TNI-Polri dibantu warga membersihkan puing bangunan imbas ledakan di Blitar. Tindakan itu dilakukan untuk mengantisipasi trauma bagi warga sekitar. Pemandangan puing puluhan bangunan rumah akibat ledakan petasan di Dusun Tegalrejo Sadeng, Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, itu dinilai bisa menimbulkan trauma berkepanjangan.

"Agar tidak menimbulkan rasa traumatis terhadap keluarga korban dan warga sekitar. Semua sisa bekas bencana harus dibersihkan," kata Kapolres Blitar Kota, AKBP Argowiyono, Jumat 24 Februari 2023.

Polisi juga tidak ingin pemandangan buruk bekas bencana sosial itu terus diproduksi sebagai konten media sosial yang itu membuat warga korban ledakan akan terus dihantui rasa trauma. "Untuk itu, kami meminta masyarakat untuk tidak membuat konten di lokasi ledakan dan disebarkan lewat media sosial yang dapat menimbulkan efek tidak baik," ujar dia.

baca juga : Waspada! 39 Daerah Ini Akan Mengalami Cuaca Ekstrem hingga 7 Hari Kedepan

Menurut Argo, garis polisi sudah dilepas menyusul selesainya proses penyelidikan di lokasi kejadian. Langkah yang diambil selanjutnya adalah membersihkan seluruh puing yang masih berserakan. Dengan bersihnya lokasi ledakan petasan, diharapkan tidak ada lagi pemandangan buruk yang bisa diproduksi sebagai konten media sosial.

"Konten medsos akan berdampak pada trauma korban yang akan semakin panjang," pungkasnya.

 


(ADI)

Berita Terkait