Gempa Bantul, Tembok RSUD dr Darsono Pacitan Retak

Plafon di salah satu ruangan di rumah sakit runtuh akibat gempa bumi (Foto / Istimewa) Plafon di salah satu ruangan di rumah sakit runtuh akibat gempa bumi (Foto / Istimewa)

PACITAN : Sejumlah bangunan di Kabupaten Pacitan dilaporkan rusak akibat guncangan gempa berkekuatan magnitudo 6,4. Beberapa bangunan seperti kantor instansi pemerintahan hingga rumah warga mulai dilaporkan kerusakannya.

Dari informasi yang dihimpun, bangunan salah satu ruangan di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pacitan mengalami kerusakan. Di ruangan tersebut beberapa bagian atap ruangan berjatuhan ke lantai yang di dalamnya tampak sepi tak ada seorang pun.

Sementara itu, salah satu rumah di RT 1 RW 1 Dusun Krajan Grenjeng Desa, Kebondalem, Kecamatan Tegalombo, juga mengalami kerusakan di bagian atapnya. Di RSUD dr Darsono guncangan gempa membuat sejumlah obat-obatan di apotek rumah sakit berantakan. Beberapa bagian tembok rumah sakit juga mengalami retak-retak pascaguncangan gempa.

Selain di tiga lokasi tersebut, bangunan kantor Kecamatan Pacitan juga mengalami kerusakan sedang. Terlihat dari video yang diterima, ruangan mengalami kerusakan di plafonnya hingga tersebar berantakan berserakan di lantai.

baca juga : Waspada! Banjir Rob Ancam Pamekasan 1-7 Juli

Kepala BPBD Kabupaten Pacitan Erwin Andriatmoko menyatakan, dari laporan yang masuk kerusakan terbanyak berada di wilayah kecamatan kota. Beberapa kerusakan yang dilaporkan yakni di fasilitas RSUD dr Darsono dan gedung perkantoran di Kantor BPN Pacitan.

"Sampai saat ini laporan kerusakan yang masuk baru dari Kecamatan Kota. Saya ini masih di RSUD, menenangkan pasien sambil mendata kerusakan," ucap Erwin.

Hingga Jumat tengah malam, pihaknya masih mengumpulkan sejumlah laporan kerusakan yang masuk dari tim di lapangan. "Informasi detailnya sedang kita kumpulkan," katanya.

 


(ADI)

Berita Terkait