8 Jenis Makanan Lebaran Paling Populer di Indonesia

Ilustrasi sebuah keluarga dalam perayaan lebaran. Foto: Freepik Ilustrasi sebuah keluarga dalam perayaan lebaran. Foto: Freepik

Merayakan Hari Raya Idulfitri bersama keluarga di kampung masing-masing merupakan salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu. Perayaan tersebut belum lengkap rasanya tanpa kuliner khas lebaran di atas meja makan.

Pada momen lebaran, beragam menu khas biasanya akan disajikan berbagai. Makanan yang dihidangkan di setiap daerah Indonesia umumnya kaya rempah-rempah nan menggugah selera.

Lantas, apa saja hidangan khas lebaran yang populer di Indonesia? Melansir Medcom, berikut adalah daftar menunya:

1. Rendang

Salah satu hidangan yang tak dapat dilewatkan adalah rendang. Makanan asli Padang ini yang sudah cukup mendunia ini, pernah masuk dalam daftar makanan paling lezat di dunia. 

Rendang memiliki cita rasa yang kuat serta dominan rasa asin dan gurih. Biasanya, rendang terbuat dari potongan daging sapi atau kerbau lokal dan kaya akan rempah. 

Rendang yang dimasak sempurna memiliki daging empuk, bumbu nendang, dan tahan lama. Agar bumbu meresap ke daging, proses memasak rendang bisa memakan waktu hingga 5 jam, lho.

2. Lontong Sayur

Lontong sayur juga menjadi makanan favorit lebaran yang tak boleh kamu lewatkan. Makanan bersantan ini memiliki cita rasa yang sedikit manis dan gurih.

Lontong sangat berperan penting dalam sajian ini yang mana proses pembuatannya hanya dengan membungkus beras di dalam daun pisang yang kemudian dikukus. Adapun bahan pelengkapnya, seperti telur rebus, tempe, hingga sayur labu.

3. Ketupat

Lebaran memang identik dengan ketupat atau kupat yang berbahan dasar beras ini. Ketupat biasanya dibungkus dengan anyaman janur, kelapa muda, atau daun palas.

Makanan ini memiliki berbagai bentuk, seperti balok, persegi panjang, ataupun segitiga. Ketupat umumnya disajikan bersama hidangan utama khas lebaran, seperti opor ayam, gulai nangka, hingga sambal goreng ati.

4. Opor Ayam

Makanan ini biasanya menjadi sajian yang paling dinantikan ketika Lebaran. Kuah kaya rempah yang cukup kental ini mampu menggoyangkan lidah penikmatnya. 

Opor ayam berbahan baku ayam negeri ataupun ayam kampung. Daging ayam tersebut akan direbus dengan dalam kuah santan dengan ditambahkan beberapa bumbu rempah.

5. Gulai Nangka

Rasa santan yang gurih, menjadikan gulai nangka sebagai hidangan favorit ketika lebaran. Hidangan ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang penuh dengan masakan berbahan daging. 

Gulai ayam juga tergolong ke dalam makanan yang mudah dan murah untuk didapatkan karena hanya berbahan dasar sayur nangka muda.

6. Kentang Sambal Goreng Ati

Sambal menjadi menu pelengkap sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain pelengkap, sambal juga dapat menjadi lauk utama bersama ati ayam atau sapi dan kentang yang dipotong dadu yang disebut sebagai kentang sambal goreng ati.

Warna merah pada hidangan ini menampilkan cita rasa gurih dan pedas. Jika kamu suka dengan jeroan, makanan ini cocok untuk menemani momen lebaran. 


(SUR)