Gempa Magnitudo 5 Guncang Jember, Tak Berpotensi Tsunami

Peta gempa dengan kekuatan Magnitudo 5 yang terjadi di Jember, Jawa Timur, Jumat (1/3/2023) pada pukul 03.19 WIB. Foto: Akun X @infoBMKG. Peta gempa dengan kekuatan Magnitudo 5 yang terjadi di Jember, Jawa Timur, Jumat (1/3/2023) pada pukul 03.19 WIB. Foto: Akun X @infoBMKG.

Jember: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa berkekuatan magnitudo 5 di Jember, Jawa Timur. Gempa terjadi pada Jumat, 1 Maret 2024 pukul 03.19 WIB. 

Dilansir dari akun resmi X (Twitter), BMKG menjelaskan pusat gempa berada di laut selatan Pulau Jawa. Tepatnya pada koordinator 10.48 LS dan 113.62 BT atau berjarak 253 kilometer barat daya Jember. Pusat gempa berada pada kedalaman 10 kilometer. 

Getaran gempa ikut dirasakan masyarakat di wilayah Desa Karangkates, Malang, dengan skala II MMI. 

Berdasarkan perhitungan dini BMKG, gempa tidak berpotensi tsunami. Meski begitu, BMKG belum melaporkan secara detail terkait pemicu dan dampak gempa. 

Hasil analisis yang resmi bisa didapatkan masyarakat dengan mengakses aplikasi maupun akun media sosial BMKG. Bisa juga langsung menghubungi kantor BMKG terdekat . 

BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dapatkan informasi terkait peristiwa tersebut dari hasil analisis yang dilaporkan oleh BMKG secara resmi. 


(SUR)

Berita Terkait