Mojokerto Cetak 20 Duta Batik untuk Promosikan Pariwisata

CALON DUTA BATIK. Ning Ita didampingi Ani Wijaya dan narasumber saat foto bersama para calon Duta Batik Kota Mojokerto. (DUTACO/YUSUF W) CALON DUTA BATIK. Ning Ita didampingi Ani Wijaya dan narasumber saat foto bersama para calon Duta Batik Kota Mojokerto. (DUTACO/YUSUF W)
Mojokerto: Pemerintah Kota Mojokerto melatih 20 orang duta batik Kota Mojokerto dalam keterampilan komunikasi publik untuk mendukung promosi sektor pariwisata setempat. Pelatihan ini berlangsung sepanjang 4-10 Oktober 2023.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menyatakan finalis Duta Batik diberi materi selama delapan jam setiap hari. Beragam narasumber yang kompeten di bidangnya hadir untuk membekali duta yang terpilih. Ia berpesan para duta batik harus mampu mengemas cerita menarik di balik filosofi motif batik Kota Mojokerto..

"Kekuatan cerita batik ada pada filosofinya, para pembatik melahirkan coretan-coretan di atas kain itu pasti ada inspirasi dan filosofinya. Duta Batik harus bisa mengemas cerita yang menarik dibalik motif batik Kota Mojokerto,” kata Ika, dikutip dari Antara, Kamis, 5 Oktober 2023.

Para finalis duta batik harus memahami Daya Tarik Wisata (DTW) sentra industri kecil menengah (IKM) yang saat ini sedang dalam proses pembangunan dan akan menjadi destinasi wisata baru di Kota Mojokerto. Tak hanya itu, mereka juga harus mengetahui ada berapa teknik membatik, berapa jumlah perajin batik, perajin alas kaki, hingga berapa jumlah motif batik Kota Mojokerto.

“Kota Mojokerto saat ini memiliki 30 perajin batik, 216 perajin alas kaki, dan 73 motif batik yang sudah bersertifikat Hak kekayaan intelektual (HKI). Duta Batik harus mengetahui,” katanya.


(SUR)

Berita Terkait