Bangkitkan Kenangan, Miniatur Mobil Jadul Digemari Kolektor Diecast

Vrian menunjukkan salah satu koleksi diecast langka yang tak ternilai baginya (Foto / Metro TV) Vrian menunjukkan salah satu koleksi diecast langka yang tak ternilai baginya (Foto / Metro TV)

KEDIRI : Seorang dosen yang juga mantan jurnalis di Kediri mempunyai koleksi ribuan miniatur mobil dari berbagai merk. Hobi mengkoleksi diecast ini berawal dari suka melihat mobil-mobil di film-film. Namun akhir-akhir ini dia mulai mengkoleksi miniatur mobil jadul yang beredar di Indonesia.

Mengkoleksi mainan miniatur mobil atau diecast tidak hanya biasa dilakukan anak-anak. Terbukti Vrian Tri Widodo juga kepincut dengan diecast ini. Padahal warga Ngronggo, Kediri ini sudah menjadi kepala keluarga. Namun hobi tetaplah hobi. Vrian kini telah mengkoleksi 2 ribu lebih diecast dari berbagai merk.

Vrian mulai suka mengkoleksi diecast sejak 2013 lalu. Berawal dari hobi melihat mobil-mobil di film-film hollywood. Berbagai model dan dari berbagai pabrikan sejumlah negara telah dikoleksinya. Untuk mendapatkan barang-barang tersebut biasanya Vrian membeli melalui online atau barter dengan sesama kolektor.

"Ada juga yang pesan kepada seorang pembuat. Sebab model mobil kesukaan saya tidak ditemukan di pasaran," kata Vrian.

Baca Juga : Inovasi Truk Bertenaga Listrik Mampu Melaju hingga 40 km/Jam

Sebelumnya Vrian banyak mengkoleksi diecast pabrikan seperti hot wheels, matchbox, tomica, majrette dan merek lainya. Namun sejak setahun terakhir, dirinya mulai mengkoleksi miniatur mobil angkutan yang banyak ditemukan di Indonesia pada era 70 hingga era 80an.

Menurutnya, koleksi diecast jadul selain unik bentuknya juga mempunyai banyak cerita di tiap-tiap model. Baginya, model tersebut bisa membangkitkan memori lama. Khususnya bagi orang yang pernah merasakan mengendarai mobil di era itu.

"Kalau model khas Indonesia, saya lebih suka dengan tampilan retro. Sebab tampilanya yang natural dengan kondisi seperti aslinya," tandasnya.

Sebagai kolektor, Vrian tentu memiliki koleksi langka. Antara lain mobil oplet di film Si Doel, mobil mr Bean dan juga mobil di film Warkop DKI dengan Judul Gengsi Dong. Tak hanya itu, Vrian juga mempunyai mobil pownis yang dahulu pernah dijadikan mobil angkutan tahun 1950an di pangkal pinang.

"Mobil pownis ini konon hanya diprodksi 23 unit dan saat ini tinggal 2 unit di dunia dan menjadi koleski musium timah di Indonesia," tandasnya.        

Lalu, gimana soal harga. Vrian mengatakan harga miniatur mobil bervariasi mulai harga Rp550 ribu hinga jutaan. Selain dikoleksi mobil ini juga bisa untuk hobi memotret dengan latar berbagai deorama. Menurutnya, Hobi mengkoleksi diecast ini juga membuka peluang untuk bisnis karena di Indonesia hobi ini mulai berkembang.


(ADI)

Berita Terkait