Hari Jantung Sedunia, RSUD Ponorogo Beri Tips Penangaanan Pertama Serangan Jantung

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

PONOROGO : Memperingati hari jantung sedunia, tim dokter spesialis jantung RSUD Dr Harjono, Ponorogo memberikan pelatihan penanganan pertama serangan jantung, Jumat 15 Oktober 2021. Kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi pengetahuan bagi masyarakat awam untuk membantu orang saat mengalami serangan jantung.

Pelatihan dasar penanganan pasien serangan jantung ini diikuti puluhan pasien dan juga para pengunjung rumah sakit. Mereka  menyimak dengan seksama semua materi yang diberikan. Meliputi deteksi dini serangan jantung serta bantuan hidup dasar bagi orang awam.  

Tidak hanya pemaparan materi saja, pelatihan ini juga dipraktekkan langkah-langkah penanganan pertama kepada orang yang tengah mengalami serangan jantung. Salah seorang mengunjung rumah sakit mengaku senang mengikuti kegiatan ini. Selain menambah wawasan, ia juga bisa membantu orang lain jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Baca Juga : Peringatan Hari Bra Sedunia, Ini Sejarahnya

"Tentu dengan pelatihan ini saya jadi tidak panik jika ada anggota keluarga atau tetangga terkena serangan jantung. Saya jadi mengerti apa yang harus dilakukan untuk memberikan pertolongan pertama," kata salah satu peserta pelatihan, Sumini.

Sementara itu. dokter spesialis jantung RSUD Ponorogo, dr Ana Budiarti menyebutkan penyakit jantung hingga kini masih menempati urutan teratas penyumbang kematian di Indonesia. Untuk itu, menurutnya penting untuk membekali pengetahuan dasar penanganan penderita jantung bagi masyarakat awam.

"Harapannya penanganan awal yang tepat pada pasien sebelum dilarikan ke rumah sakit akan menentukan keberhasilan tim medis dalam melakukan penanganan lebih lanjut," terangnya.

Hari jantung sedunia sendiri jatuh pada setiap tanggal 29 September 2021. Selain pembekalan pengetahuan dasar penanganan serangan jantung, pada hari-hari tertentu RSUD juga mengajak para pasien untuk melakukan kegiatan senam sehat jantung.


(ADI)

Berita Terkait