Lumpur Lapindo Jadi Incaran Sejak Abad 18, Ini Alasannya

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Badan Geologi menemukan adanya kandungan mineral super langka bernama logam tanah jarang di lumpur Lapindo, Sidoarjo, Jawa Timur. Logam ini termasuk ke dalam jenis rare earth yang memiliki banyak manfaat dan telah diburu sejak abad ke-18.

Apa saja manfaatnya? Mengutip berbagai sumber, Minggu 23 Januari 2022, logam tanah jarang digunakan untuk menyempurnakan produk teknologi terutama di bagian lapisan layarnya. Selain itu, logam ini juga memiliki kekuatan magnet yang cukup besar sehingga dimanfaatkan untuk pembuatan neomagnet.

Untuk industri otomotif, logam ini juga menjadi baha baku pendukung mobil listrik, mulai dari tenaga penggerak mobil sampai logam pelapis kendaran listrik. Disebutkan mineral super langka ini mampu menambah kekuatan logam lainnya. Mineral ini juga mendukung produksi alutsista seperti satelit, rudal, laset dan lainnya.

Baca Juga : Kecelakaan Balikpapan Jangan Terulang, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Rem Blong

Manfaat lain dari logam tanah jarang ialah menjadi bahan baku pembuatan pembangkit listrik, penyimpanan listrik, pendukung tambang, hingga mendukung produk teknologi untuk mendeteksi kanker dan jenis penyakit lain.

 


(ADI)

Berita Terkait