KRI Surabaya Terlibat dalam Ekspedisi Rupiah dengan Pelayaran ke Daerah 3T

Ilustrasi pelayaran kapal. pngtree Ilustrasi pelayaran kapal. pngtree

Surabaya: KRI Surabaya 591 yang beroperasi di bawah Satban Koarmada II TNI Angkatan Laut bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) untuk mendukung Ekspedisi Rupiah Berdaulat Tahun 2023 pada Sabtu, 7 September 2023. Program ini merupakan upaya pendistribusian, pengamanan, dan pengawalan uang rupiah dari Bank Indonesia ke daerah perbatasan terdepan, terluar, dan terpencil (3T) di Indonesia. 

 

Pelayaran berangkat dari Dermaga Madura Koarmada II, Ujung Surabaya. Waasops Kasal Laksamana Pertama TNI, Ariantyo Condrobirowo didampingi Kaskoarmada II Laksamana Pertama TNI, Isswarto mewakili Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI, Yayan Sofiyan melepas pelayaran KRI Suarabaya 591.

Kaskoarmada II, Isswarto, menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Bank Indonesia dalam mendistribusikan uang yang berkualitas ke wilayah 3 T di Indonesia.

"Koarmada II akan siap mendukung kegiatan positif BI yaitu untuk membantu dan memudahkan bagi masayarakat Indonesia terutama yang berada di wilayah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) supaya mendapatkan uang layak edar" ujar Isswarto, dikutip dari laman resmi TNI, Minggu, 8 Oktober 2023.

Pelayaran Ekspedisi Rupiah Berdaulat digelar sejak 7 hingga 12 Oktober 2023 dengan tujuan Pulau Pagerungan Besar, Pulau Pagerungan Kecil, Pulau Tanjung Kiaok, Pulau Raos, dan Pulau Gili Ginting.


(SUR)