2 Tim dari SMAN 5 Surabaya Raih Medali Emas di Ajang International

Siswa SMAN 5 Surabaya yang meraih medali emas di ajang Indonesia Inventors Day 2023 dan International Young Inventors Awards (IYIA). (ANTARA/Willi Irawan) Siswa SMAN 5 Surabaya yang meraih medali emas di ajang Indonesia Inventors Day 2023 dan International Young Inventors Awards (IYIA). (ANTARA/Willi Irawan)

Surabaya: Dua tim siswa dari SMAN 5 Surabaya meraih medali emas dalam ajang Indonesia Inventors Day 2023 dan International Young Inventors Awards (IYIA). Mereka mengungguli 35 lebih negara peserta.

Emas pertama disumbangkan oleh tim dari SMAN 5 Surabaya yang menciptakan inovasi berjudul "La Champ; Food Waste Based Camphor," sebuah kapur pengusir semut dan serangga. Tim ini meraih medali emas dalam kategori Biotechnology, Personal Care Products, Culinary and Food.

"La Champ adalah produk kapur pengusir semut dan serangga, dan produk ini 100 persen berbahan organik. Pembuatannya juga sangat mudah dan murah," ujar Ketua Tim Pertama Kenxin Ajita Mulyadi, dikutip dari Antara, Sabtu, 23 September 2023.

Kenxin menjelaskan kapur ini dibuat dari dua jenis bahan utama, yakni ekoenzim atau cairan yang terbuat dari fermentasi kulit sayuran dan buah-buahan, serta tepung cangkang telur. Menurutnya, produk mereka mampu mengusir serangga dengan tingkat kemampuan yang hampir sama dengan kapur barus, sekitar 60 banding 65 persen. Selain itu, produk ini dapat digunakan sebagai alternatif pupuk dan aman untuk kulit.

"Tepung cangkang telur dan ekoenzim kita campurkan dengan tepung tapioka dan air dengan rasio 3 banding 5 banding 8 banding 1. Kemudian kita keringkan dengan sinar matahari selama dua hari," ujar Kenxin.

Sementara itu, tim kedua menciptakan inovasi "Kleen" yakni kotak pembunuh bakteri dan kuman yang dapat sterilisasi peralatan atau barang dengan waktu sekitar 7 menit. Mereka meraih medali emas dalam kategori Green Technology / Protection of Environment / Agriculture.


(SUR)