Protes, Emak-emak di Madiun Kirim Ribuan Lalat ke Kantor Camat

Warga membawa ribuan lalat ke Kantor Kecamatan Dalopo, Madiun/metrotv Warga membawa ribuan lalat ke Kantor Kecamatan Dalopo, Madiun/metrotv

MADIUN: Sejumlah ibu dari Desa Doho, Kabupaten Madiun, Jawa Timur nekat menghadiahi ribuan lalat kepada seorangcamat. Ini dilakukan karena jengkel bau tak sedap dari kandang peternakan ayam yang ada di tengah perkampungan.

Dengan membawa kertas stop map, sejumlah emak emak dari Desa Doho ini mendatangi kantor Kecamatan Dolopo. Bukan hendak mengurus surat kependudukan, melainkan menemui camat setempat untuk memberikan hadiah spesial yaitu ribuan lalat.

Namun Camat Dolopo, Heri Fajar tidak ada di tempat. Warga hanya ditemui Sekretaris Kecamatan (Sekcam), Sholikul Arif. Dihadapan Sekcam warga yang mayoritas ibu-ibu ini mengutarakan niatnya memberikan hadiah.

Awalnya Sekcam Dolopo  Sholikul nampak sumringah.  Namun saat ibu-ibu ini membuka stop map dan isinya ribuan lalat, wajahnya berubah terkejut. Senyumnya menjadi kecut.

BACA: Remaja Ponorogo Tewas Tersengat Listrik di Kamar

"Kami membawa hadiah lalat biar pejabat merasakan apa yang mereka rasakan sehari hari. Hidup berdampingam dengan bau kotoran ayam dan serbuan lalat dari kandang ayam. " ujar Sumarni, salah satu warga.

Sementara pihak Kecamatan Dolopo masih akan mencarikan solusi terbaik. Persolaan tersebut sudah  pernah terjadi  mediasi antara warga dan pemilik ternak, namun tidak ada titik temu.

Pantauan di lokasi, memang menunjukan lokasi kandang samgat berdekatan dengam rumah warga, hanya berjarak 3 meter. Baunya tak sedap  sangat menyengat.

Bukan hanya itu, ribuan lalat setiap hari masuk rumah warga dan hinggap ke berbagai tempat sehingga mengancam kesehatan. "Kami minta dua kandang di perkampungan segera ditutup, " tandasnya.


(TOM)

Berita Terkait