Pabrik Pupuk Organik di Jember Mulai Dibangun di Desa Wirowongso

Bupati Jember Hendy Siswanto bersama sejumlah pejabat mengecek proses pembangunan pabrik pupuk organik di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember, Selasa (19/9/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Jember) Bupati Jember Hendy Siswanto bersama sejumlah pejabat mengecek proses pembangunan pabrik pupuk organik di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember, Selasa (19/9/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Jember)

Jember: Pabrik  pupuk organik  mulai dibangun di Desa Wirowongso, Kabupaten Jember, Jawa Timur, untuk memenuhi kebutuhan pupuk petani dan mengatasi kelangkaan pupuk bersubsidi di wilayah tersebut. Bupati Jember Hendy Siswanto mengaku sudah meninjau lokasi proyek.

"Kami sudah meninjau pembangunan pabrik pupuk organik di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung," kata Hendy dikutip dari Antara, Rabu, 20 September 2023.

Ketersediaan pabrik pupuk organik merupakan salah satu janji politik Hendy. Dia mengeluarkan janji itu saat berkampanye agar masyarakat Kabupaten Jember tidak lagi kesulitan mendapatkan pupuk. 

Kehadiran pabrik pupuk organik milik daerah diharap membuat akses dan harga pupuk bagi petani di Jember lebih murah. Selain itu, dia berharap Jember bisa menjadi sentra pupuk baru di Jawa Timur.

"Itu (pabrik pupuk) juga akan menjadi sumber pemasukan bagi pendapatan asli daerah (PAD) Pemkab Jember," kata Hendy.

Hendy menjelaskan sektor pertanian berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Jember. Sebab, 70 persen lahan di daerah tersebut digunakan untuk pertanian.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Jember Imam Sudarmadji mengatakan pembangunan pabrik pupuk organik ini menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Jember senilai Rp4,2 miliar. Namun, pemenang lelang sanggup membangun pabrik dengan dana Rp3,2 miliar.

Tanah yang disiapkan Pemkab Jember untuk proyek ini memiliki luas 7,3 hektare. Sementara itu, pembangunan pabrik pupuk organik hanya memerlukan 3.000 meter persegi. Sisa lahan akan digunakan untuk uji coba pertanian, perikanan, dan peternakan.

Pembangunan pabrik pupuk organik dengan kapasitas 8 ton per jam ini ditargetkan akan selesai sebelum Desember 2023, sehingga dapat diresmikan sebelum awal 2024.


(SUR)

Berita Terkait