Google Garap Pesaing AirTags Apple, Diberi Kode Grogu

Airtgas (Foto / Istimewa) Airtgas (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Apple telah meluncurkan pelacak AirTags berkemampuan Bluetooth yang dapat digunakan untuk melacak objek yang tidak memiliki konektivitas internet. Kini, Google dikabarkan mengembangkan produk serupa sebagai kompetitor. Proyek itu diberi kode Grogu.

Kegunaan AirTags juga sangat banyak, di antaranya dapat digunakan untuk melacak semua jenis objek seperti koper saat bepergian, sepeda, tas, dompet, atau kunci. Anda dapat menambahkan pelacak AirTags ke hampir semua hal, sebagaimana dikutip dari Digital Trends.

Sayangnya, perangkat juga kerap disalahgunakan, tetapi Apple telah meningkatkan fungsinya dalam beberapa tahun terakhir. Nantinya, pelacak Google disinyalir akan memiliki fungsi yang mirip dengan AirTags.

Leaker Kuba Wojciechowski menemukan bukti Google sedang mengerjakan perangkat mirip AirTags. Dikenal sebagai Grogu, Groguaudio, dan GR10, pelacak mungkin berasal dari tim Nest. Menurut Wojciechowski, pelacak Google akan memiliki speaker onboard seperti AirTags.

baca juga : 4 Shio Ini Bakal Beruntung di Tahun Kelinci Air, Simak!

Perangkat akan mendukung konektivitas UWB dan Bluetooth Low Energy dan akan tersedia dalam berbagai warna. Dukungan untuk Ultra Wideband (UWB) akan sangat penting untuk perangkat, karena memungkinkan pelacakan lokasi yang sangat akurat.

Konektivitas Pixel 6 Pro dan Pixel 7 Pro mendukung UWB, tapi mereka tidak menggunakannya untuk apa pun. AirTags juga mendukung teknologi UWB, yang memungkinkan mereka mengirimkan data lokasi yang tepat ke iPhone yang memiliki chip UWB.

Google juga akan memiliki Finder Network untuk pelacak, yang terdengar mirip dengan jaringan perangkat terhubung Apple Find My. Sangat mungkin Google akan memanfaatkan penggunaan Android secara luas untuk menawarkan layanan lokasi seperti AirTags.

Leaker mengatakan tidak ada tanggal rilis yang terlihat untuk Google Grogu. Tetapi Google mungkin mengungkap teknologi tersebut di I/O akhir tahun ini. Selain itu, harapkan nama produk yang berbeda untuk perangkat tersebut.


(ADI)

Berita Terkait