77 Bendera Merah Putih Berkibar di Lautan Pasir Bromo

Sebanyak 77 bendera merah putih dibentangkan di lautan pasir Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, hari ini, Rabu 17 Agustus 2022/Dok. TNBTS. Sebanyak 77 bendera merah putih dibentangkan di lautan pasir Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, hari ini, Rabu 17 Agustus 2022/Dok. TNBTS.

PROBOLINGGO: Sebanyak 77 bendera Merah Putih dibentangkan di lautan pasir Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Rabu, 17 Agustus 2022. Puluhan bendera tersebut dipasang oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan sejumlah unsur lainnya untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI.

Kepala Balai Besar TNBTS, Hendro, mengatakan setiap tanggal 17 Agustus pihaknya selalu melaksanakan upacara pengibaran bendera Merah Putih di Lautan Pasir Bromo. Tahun ini, upacara diikuti sekitar 350 orang yang terdiri dari berbagai unsur.

Ada petugas TNBTS, perwakilan muspika setempat, TNI-Polri, Masyarakat Mitra Polhut, Masyarakat Peduli Api, Perwakilan Paguyuban Kuda, PKL, Ojek, dan Jeep, komunitas bikers nasional, komunitas anak bangsa dan pengunjung.

BACA:

Tema peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini adalah Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Tema ini dipilih karena sesuai dengan kondisi yang sedang dihadapi masyarakat Indonesia dan dunia usai dilanda pandemi covid-19.

Selain itu, tema tersebut juga berhubungan dengan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dan berbagai bangsa di dunia, berupa tantangan global.

“Kita harus bahu membahu untuk mempercepat pemulihan kondisi di semua sektor, sekaligus bangkit guna menghadapai berbagai tantangan yang cukup kompleks,” kata Hendro.

Hendro mengaku momen peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia sangat penting berkaitan dengan Indonesia memimpin Forum G-20. Selain itu, pada akhir tahun ini Indonesia akan memimpin ASEAN yang artinya kita berada dalam kancah dan tantangan global.

Dalam kesempatan ini, ia mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk dapat bersama bahu membahu memberikan kontribusi pemikiran atau kegiatan nyata di lapangan khususnya dalam upaya mencapai tujuan-tujuan dalam pemulihan lingkungan dengan segala tantangan yang ada.

Di sisi lain, Hendro menyampaikan terima kasih kepada masyarakat adat Suku Tengger di lereng Gunung Bromo yang selama ini berperan aktif menjaga konservasi lingkungan di wilayah TNBTS.

“Masyarakat adat adalah elemen penting dalam pelestarian lingkungan, sehingga saya meminta peran masyarakat adat untuk menjaga dan melestarikan lingkungannya masing-masing,” ujar Hendro.

Perayaan kemerdekaan RI tahun ini juga diikuti dengan agenda penyemarak lainnya. Seperti pembentangan bendera merah putih sepanjang 2022 meter dan juga bentang bendera merah putih 10x22 meter oleh Kodim Probolinggo, lomba pacuan kuda, lomba balap karung, dan lomba tarik tambang, serta aksi bersih kawasan Gunung Bromo dan sekitarnya.

Selain di Lautan Pasir Bromo, upacara Hari Kemerdekaan RI juga dilaksanakan di Kantor Balai Besar TNBTS (Malang) dan Ranu Darungan (Lumajang). Dalam penyelenggaraan serangkaian acara peringatan HUT ke-77 RI di kawasan TNBTS tetap memperhatikan protokol kesehatan.

 


(TOM)

Berita Terkait