Balap Sampan, Tradisi Penutup Libur Lebaran Warga Kepulauan Sumenep

Antusias peserta lomba balap sampan/metrotv Antusias peserta lomba balap sampan/metrotv

SUMENEP: Keseruan lomba balap sampan menjadi moment penutup libur lebaran yang ditunggu  warga Kepulauan Sapeken, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Ratusan warga hadir dan terhibur melihat adu cepat Sampan Pancing yang dilengkapi mesin pacu tersebut.

Lomba Balap Sampan digelar di Pantai Aloha, Desa Saur Saebus, Minggu, 30 April 2023. Ratusan warga sudah memadati bibir pantai sejak pagi hari. Tidak hanya warga, para peserta juga antusias menyambut tradisi yang digelar tiap tahun ini.

Peserta lomba datang dari berbagai kepulauan di Sumenep. Seperti dari Pulau Sadulang, Sepangkor Besar, Pulau Saebus Pulau Saur dan lainnya.

Para peserta sangat antusias dalam lomba ini. Jauh-jauh hari, peserta sudah mempersiapkan mesin pacu yang akan dipasang pada sampan pancing kecil untuk kemudian diadu kecepatannya dengan peserta lain.

BACA: Lebaran Ketupat, Tradisi Peninggalan Sunan Kalijaga yang Sarat Makna

"Lomba balap sampan merupakan tradisi lama di Pulau Saur. Lomba ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi sesama pecinta balap sampan di Kepulauan Sapeken, " ujar Pj Kepala Desa Saur Saebus, Marjuni.

Melihat antusias warga yang tinggi baik penonton dan peserta, Marjuni menegaskan, pemerintah desa akan mendukung kegiatan tradisional ini.  

"Kita ikut serta melestarikan dengan konsisten menggelar lomba setiap momen lebaran Idul Fitri dengan skala yang lebih besar lagi, " ujarnya.

 


(TOM)

Berita Terkait