Ekskavasi Candi Songgoriti Dilanjutkan, Temukan Pondasi Bata Jaman Belanda

Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur melakukan ekskavasi pada Candi Songgoriti di Desa Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. (medcom.id) Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur melakukan ekskavasi pada Candi Songgoriti di Desa Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. (medcom.id)

BATU: Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur kembali  melakukan ekskavasi pada Candi Songgoriti di Desa Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Rencananya, proses ekskavasi dilakukan sejak 10 November,  hingga 19 November 2021 nanti.

Berbeda dengan tahun 2014 silam, ekskavasi kali ini dititik beratkan pada bentuk ruang dari bangunan candi.Selain menemukan sudut batur di 2 sisi, para arkeolog juga menemukan pondasi batu bata merah  yang dibangun kerajaan Celanda  sebagai penguat dari bangunan Candi Songgoriti.

"Target kami adalah untuk mengetahui bentuk dan keruangan dari Candi Songgoriti ini," kata Ketua Tim Ekskavasi Penyelamatan Situs Candi Songgoriti BPCB Jawa Timur, Muhammad Ichwan, Rabu 17 November 2021.

Hasil ekskavasi sejak hari pertama hingga saat ini, BPCB telah membuka sebanyak 22 kotak gali. BPCB kemudian menemukan adanya sudut barat laut dan sudut tenggara dari batur bangunan Candi Songgoriti.

BACA: Gerhana Bulan Sebagian Bakal Terjadi pada 19 November 2021

"Setelah membuka 22 kotak gali itu, ditemukan batur di sisi utara dan timur. Saat ini, kami mencoba mencari di sisi selatan dan barat. Untuk batur sisi selatan, hingga kemarin itu masih belum kami dapatkan. Saat ini sedang mencari batur sisi barat," ujarnya.

Pihaknya masih berupaya mencari luasan Candi Songgoriti. Sehingga perlu dilakukan ekskavasi maupun pendataan hingg survei permukaan untuk mengetahui keluasan dari situs ini.

Di sisi lain, Ichwan menyebutkan bahwa Candi Songgoriti sebelumnya berfungsi sebagai tempat pemujaan atau ritual agama Hindu. Selain itu, secara arsitektural, bangunan Candi Songgoriti mencerminkan Kerajaan Mataram Kuno.

"Kesitimewaan dari Candi Songgoriti tersebut karena dibangun di dekat dengan sumber air panas dan dingin. Itu keistimewaannya. Di sini, berdasarkan aristekturalnya mencerminkan Jawa Tengah, Mataram kuno. Dari pendapat para ahli ini dibangun pada abad 9-10 Masehi," jelasnya.

Sebagai informasi, Candi Sanggariti atau Songgoriti adalah sebuah candi yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia. Candi ini berada di dekat satu sumber air panas, yang di sekitarnya terdapat tempat outbound Malang, dan juga pasar wisata.

 


(TOM)

Berita Terkait