KAI Daop 8 Siapkan 69 Kereta Jelang Long Weekend

Puluhan kereta disediakan PT KAI Daop 8 Surabaya jelang long weekend (Foto / Metro TV) Puluhan kereta disediakan PT KAI Daop 8 Surabaya jelang long weekend (Foto / Metro TV)

SURABAYA : Jelang libur panjang PT Kereta Api Indonesia Daop 8 Surabaya menyediakan 69 kereta api untuk melayani berbagai rute. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya peningkatan jumlah penumpang. 

"Sebanyak 69 kereta api tersebut terdiri 23 kereta jarak menengah - jauh dan 46 kereta lokal,"  Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto. 

Dia menjelaskan khusus kereta jarak menengah - jauh titik keberangkatannya akan dipusatkan di tiga stasiun yakni stasiun Pasar Turi sebanyak tujuh KA, Stasiun Gubeng 11 KA dan Stasiun Malang sebanyak lima KA. Sedangkan daerah yang dituju untuk 23 kereta jarak menengah - jauh adalah Jakarta, Bandung, Jember, Banyuwangi, Semarang, Cilacap dan Yogyakarta.

Pihaknya mengingatkan seluruh calon penumpang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Ada dua jenis protokol kesehatan yang diterapkan. Bagi penumpang jarak menengah-Jauh harus bermasker, mengunakan baju lengan panjang  dan menunjukkan surat bebas covid-19 yang masih berlaku.

"Sedangkan yang lokal tidak perlu rapid test," katanya.

Selain itu, KAI juga hanya menjual tiket sebanyak 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia sebagai upaya physical distancing. 

Suprapto mengatakan masyarakat tidak perlu ragu lagi dalam menggunakan berbagai layanan KAI, karena KAI telah dispilin dalam menerapkan protokol kesehatan. Ia berharap minat masyarakat untuk menggunakan kereta api kembali seperti sebelum adanya pandemi.


 


(ADI)