Dipanggil Masbro, Ini 6 Keunikan Kapibara

Kapibara (Foto : Istimewa) Kapibara (Foto : Istimewa)

SURABAYA : Beberapa waktu viral dengan sebutan ‘Masbro’, ternyata Kapibara memiliki sejumlah keunikan. Kapibara yang memiliki nama ilmiah Hydrochoerus hydrochaeris merupakan hewan pengerat berukuran besar yang masih tersisa di Bumi. Hewan liar yang ramah ini mudah ditemukan di wilayah Amerika Selatan dan Tengah.

Meski termasuk hewan liar, beberapa orang di Amerika kadang menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Sedangkan di Venezuela, kapibara dibudidayakan untuk diambil dagingnya. Berikut keunikan kapibara:

1. Perenang Handal

Kapibara menghabiskan banyak waktu mereka di dalam atau di sekitar air. Karena kaki mereka yang berselaput, ini membuat mereka menjadi perenang yang sangat baik.

2. Bisa Tidur di Air

Dikutip dari Fact Animal, kapibara dapat menenggelamkan dirinya ke bawah air untuk tidur dengan meninggalkan hidungnya di tepi sungai agar bisa bernapas.

baca juga : 5 Hewan yang Lahir Dari Rekayasa Genetika

3. Suka Bersosialisasi

Salah satu alasan kenapa kapibara dipanggil masbro karena sifatnya yang suka bersosialisasi. Dikutip dari Currumbin Wildlife Sanctuary, kapibara hidup sebagai hewan yang berkelompok sekitar 10-20 ekor per kelompoknya.

Kapibara juga seringkali bercengkerama dengan hewan lain. Hewan ini juga suka menjalani hubungan simbiosis mutualisme dengan hewan lain seperti burung. Bahkan, kapibara tak keberatan tubuhnya dinaiki oleh hewan lain. Wajar saja kapibara dipanggil masbro karena sifatnya yang suka bersosialisasi.

4. Memakan Kotorannya Sendiri

Salah satu keunikan kapibara yaitu memakan kotorannya sendiri. Meski terdengar menjijikkan, terdapat alasan khusus kenapa kapibara memakan kotorannya sendiri. Dikutip dari Anima Fact, kapibara memakan kotorannya sendiri karena mengandung bakteri yang dapat membantu mereka dalam mencerna selulosa yang terdapat pada tanaman.

5. Berkerabat dengan Marmut

Kalau dilihat, kapibara mirip dengan guinea pig. Ternyata, kapibara masih berkerabat dengan marmut. Dikutip dari Animal Fact, kapibara masih keluarga dengan Cavy (Caviidae) yang berisi 14 spesies hewan pengerat asal Amerika Selatan.

6. Kulit Mudah Terbakar Matahari

kapibara bisa terbakar matahari Meski kapibara memiliki bulu yang cukup panjang, namun tidak cukup untuk menutupi seluruh tubuhnya. Selain itu, bulu kapibara tidak cukup tebal dan tidak dapat sepenuhnya melindungi kulit dari efek sinar ultraviolet.

Sehingga, membuat kapibara rentan terhadap penyinaran matahari yang terlalu lama. Cara mereka beradaptasi dari suhu tinggi yaitu dengan berendam di air atau lumpur. Demikianlah informasi mengenai sejumlah keunikan yang dimiliki hewan pengerat terbesar, Kapibara.


(ADI)