Misteri Perahu Kuno di Sungai Andong Ngawi, Dianggap Pusaka Sulit Dipindah

Perahu kuno diperkirakan berusia ribuan tahun ditemukan warga di Sungai Andong, Desa Jogorog, Ngawi, Jawa Timur/metrotv Perahu kuno diperkirakan berusia ribuan tahun ditemukan warga di Sungai Andong, Desa Jogorog, Ngawi, Jawa Timur/metrotv

NGAWI: Perahu kuno diperkirakan berusia ribuan tahun ditemukan warga di Sungai Andong, Desa Jogorog, Ngawi, Jawa Timur . Namun benda ini sulit dipindahkan lantaran terhimpit bebatuan.
 
Perahu itu nampak samar karena sekilas berbentuk batang kayu berukuran besar. Namun, menjadi perhatian karena berbentuk seperti lesung dengan diameter sekitar 1 meter dan panjang 20 meter.

Warga desa menganggap bahwa perahu itu merupakan benda pusaka. Imam Suparno, warga setempat, mengatakan perahu ini sudah sejak dari dahulu berada di pinggir sungai.

"Sejak saya masih kecil perahu ini sudah ada. Bahkan cerita orang tua dulu memang ini sudah turun temurun diketahui keberadaannya," ujar Imam.

BACA: Polda Jatim Panggil Gus Samsudin

Petugas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ngawi, Daut Salempang, mengatakan apabila diraba memang benda ini secara fisik berbahan kayu. Mitosnya warga pun mengatakan bahwa benda tersebut adalah perahu.

"Kita akan laporkan penemuan ini kepada Balai Pelestarian Cagar Budaya Trowulan untuk dikaji lebih lanjut," ucap Daut.
Terimpit batu

Warga desa berusaha menggali secara manual selama tiga hari untuk memindahkan perahu. Perahu itu tertanam di kedalaman 1,3 meter.

Namun, dalam penggaliannya, warga menemui kesulitan. Posisi perahu ini terimpit banyak batu yang berukuran besar. Selain itu, di dasarnya telah tertanam pasir serta lumpur sunga

 


(TOM)

Berita Terkait