Bukan Sekadar Hobi, Kura-Kura Sulcata Bisa Datangkan Rejeki

Peluang usaha kura-kura darat sulcata. Foto: Dok/Metro TV Peluang usaha kura-kura darat sulcata. Foto: Dok/Metro TV

SURABAYA: Di tengah pandemi covid-19, masyarakat mempunyai berbagai hobi unik. Salah satunya memilihara kura-kura darat jenis sulcata. Tidak hanya sekadar hobi, memelihara hewan tersebut bisa mendapatkan keuntungan.

Jonathan selaku owner Sulcata Breeding Collection Surabaya memulai bisnis kura-kura sulcata ketika awal pandemi 2020. Ia membeli untuk menghilangkan rasa jenuh namun malah menjadi kesenangannya hingga akhirnya menjadi jalan membuka usaha.

"Dari awal pandemi, untuk mengisi kegiatan, beli dua sulcata tapi lama-lama malah seneng," ujar Jonathan pada tayangan Newsline, Kamis, 7 Januari 2022.

BACA: Biar Awet, Ini 4 Tips Merawat Mobil Kesayangan di Musim Hujan

Harga kisaran normal kura-kura sulcata berada di angka satu juta. Namun semakin besar ukurannya  harganya juga semakin tinggi.

Ia menambahkan keunikan kura-kura ini mempunyai kotak-kota di atas tempurung atau yang disebut scutes. Normalnya sulcata memiliki 13 scutes tetapi ada yang 10 dan 16 scutes.

Semakin banyak Scutes juga mempengaruhi harga hewan yang berasal dari Afrika Selatan. "Harga semakin meningkat jika warna unik dan ukuran semakin besar, " ucapnya

 


(TOM)

Berita Terkait