Besok Jokowi Resmikan Bendungan Tugu Trenggalek

Penampakan Bendungan Tugu di Trenggalek (Foto/ Metro TV) Penampakan Bendungan Tugu di Trenggalek (Foto/ Metro TV)

TRENGGALEK : Presiden RI, Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan bendungan tugu di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Selasa 30 November 2021. Tak hanya itu, Jokowi juga dijadwalkan akan melakukan tanam padi bersama masyarakat.

Menyabut kedatangan Jokowi, tim pengamanan dari polri dan unsur lain mulai melalukan serangkaian persiapan. Komandan Korem 081, Dhirotsaha Jaya Madiun, Letkol Infanteri Waris Ari Nugroho, presiden dijadwalkan akan meresmikan proyek nasional bendungan tugu di Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu.

"Presiden jokowi juga akan mengikuti kegiatan tanam padi bersama di Desa Buluagung, kecamatan karangan," katanya.  

Sementara itu, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyambut baik penuntasan pembangunan bendungan tugu. Waduk yang di bangun dengan anggaran Rp1,8 triliun rupiah ini diproyeksikan mampu mereduksi potensi banjir tahunan di Trenggalek.  

Baca Juga : Waspadai Varian Omicron, Satgas Covid-19 Terbitkan Aturan Baru Perjalanan Internasional

"Manfaat itu mulai dirasakan oleh warga Trenggalek. Selain sebagai pengendali banjir, bendungan tugu juga diproyeksikan menjadi pemasok kebutuhan air irigasi untuk 1.200 hektare kawasan pertanian," terang bupati.

Bendungan tugu di bangun Kementerian PUPR selama 7 tahun terakhir memiliki panjang 475 meter dengan ketinggian 89,85 meter. Daya tampung bendungan mencapai 9,3 juta meter kubik dengan luas genangan 41,8 hektare.

 


(ADI)

Berita Terkait