Jadi Panitia Wisuda, Mahasiswi UM Malang Nyaris Diperkosa

Ilustrasi Ilustrasi

MALANG: Seorang mahasiswi di Universitas Negeri Malang (UM), Kota Malang, Jawa Timur, berinisial NA, dikabarkan hendak diperkosa oleh orang tak dikenal saat mau berangkat ke kampus pada Senin, 29 Mei 2023, sekitar pukul 03.30 WIB. Rektor UM, Hariyono, berharap pelaku segera ditangkap polisi.

"Kami berharap aparat penegak hukum segera bisa menangkap orang yang bersangkutan (pelaku) dan ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku," kata Hariyono saat dihubungi, Kamis, 1 Juni 2023.

Hariyono menuturkan aksi percobaan pemerkosaan itu terjadi di luar area kampus UM. Saat itu, korban hendak menuju ke kampus dalam keperluan menjadi panitia wisuda di Gedung Graha Cakrawala UM.

"Kejadiannya di luar kampus, kan dia mau ke kampus sebagai panitia untuk bantu acara wisuda di UM," imbuhnya.

BACA: 2.500 Anak di Trenggalek Alami Gizi Buruk Akut

Berdasarkan laporan yang ia terima, korban sempat memberikan perlawanan saat hendak diperkosa. Saat ini, pihak kampus UM bakal memberikan pendampingan intensif kepada korban.

"Selaku Rektor, saya sudah menginstruksikan bahwa mahasiswa harus didampingi. UM harus hadir ketika ada warga UM yang kena masalah. Apalagi yang bersangkutan menjadi korban," bebernya.

Sebagai informasi, Peristiwa ini telah dilaporkan ke Polresta Malang Kota. Saat ini, polisi tengah melakukan penyelidikan terhadap dugaan kasus kekerasan seksual tersebut.

"Korban sudah membuat laporan dan sudah kami terima laporannya," kata Kasat Reskrim Polresta Malang Kota, Kompol Bayu Febrianto Prayoga, Kamis 1 Juni 2023.

Bayu mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan dan pendalaman. "Untuk update perkembangannya, akan kami sampaikan," ucap Bayu.

 


(TOM)