Kumpulan Doa Pendek yang Dapat Anda Baca saat Musim Hujan

Ilustrasi hujan. Medcom.id Ilustrasi hujan. Medcom.id

CLICKS: Tidak sedikit dari kita yang beranggapan jika musim hujan menjadi periode yang tidak menyenangkan. Bahkan banyak pula yang berkeluh kesah dan menyalahkan hujan terlebih jika terjadi bencana.

Padahal, hujan adalah bentuk rahmat dari Allah SWT. Tak hanya itu, hujan juga diturunkan sebagai nikmat Allah SWT yang diciptakan untuk seluruh makhluk di bumi.

Dalam ajaran Islam, saat hujan turun menjadi waktu yang mustajab untuk berdoa. Hal tersebut juga dijelaskan dalam sebuah hadits dari Sahl bin Sa’d, beliau berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda terkait hal tersebut:

"Dua do’a yang tidak akan ditolak: do’a ketika adzan dan do’a ketika ketika turunnya hujan" (HR Al Hakim dan Al Baihaqi).

Oleh karena itu, dianjurkan untuk Muslim membaca doa ketika hujan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Sebab, doa yang dibaca ketika hujan akan lebih diijabah.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa doa pendek ketika hujan turun yang dapat Anda baca.

1. Doa ketika hujan lebat

Allahumma hawalaina wa laa ‘alaina, allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami ?bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan (HR Bukhari).

Baca juga: Mengapa Nasi Putih Panas Lebih Tinggi Gula? Ini Jawabannya

2. Doa saat hujan disertai petir

Subhanallazi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: Masa Suci Allah yang dengan memuji-Nya, bertasbihlah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya (HR Malik).

3. Doa saat hujan disertai angin kencang

Allahumma inni as aluka khairahaa wa khaira maa fiiha khaira maa ursilat bih, wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, serta kebaikan yang Engkau sertakan kirimkan bersamanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, serta kejahatan yang Engkau krimkan bersamanya (HR Muslim).

4. Doa setelah hujan berhenti

Diturunkannya hujan adalah bentuk karunia serta berkah dari Allah SWT. Maka dari itu, kita patut untuk mensyukuri turunnya hujan dengan mengamalkan beberapa doa misalnya doa ketika turun hujan maupun sesudah turun hujan.

Adapun doanya sebagai berikut:

Muthirnaa bifadillahi wa rahmatihi.

Artinya: Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah SWT dan rahmat-Nya.

Demikian kumpulan doa yang dapat Anda baca serta amalkan saat musim hujan tiba. Semoga bermanfaat.


(NAI)