131 Sapi Jadi Sasaran Vaksinasi PMK Tahap Pertama di Madiun

Petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun, Jawa Timur menggelar vaksinasi bagi hewan ternak sapi yang ada di wilayah setempat guna mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) , Senin, 27 Juni 2022. Foto: Antara/HO-Diskominf Petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun, Jawa Timur menggelar vaksinasi bagi hewan ternak sapi yang ada di wilayah setempat guna mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) , Senin, 27 Juni 2022. Foto: Antara/HO-Diskominf

MADIUN: Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun memulai vaksinasi pada ternak sapi di Kota Madiun, Jawa Timur. Vaksinasi yang menyasar 131 dari 174 populasi sapi di Kota Madiun ini untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Selisihnya itu sapi yang terindikasi sakit, baru sembuh dari sakit, atau berada di lingkungan sapi yang sakit. Itu tidak menjadi sasaran vaksinasi PMK," kata Kepala Bidang Pertanian Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun Wahyu Niken Febrianti dikutip dari Antara, Selasa, 28 Juni 2022.

Sebanyak 2 mililiter vaksinasi disuntikkan kepada hewan ternak. Usai diberi vaksinasi, sapi diberi tanda berupa neck tag. Vaksinasi tahap kedua dilakukan pada empat pekan setelah vaksinasi dosis pertama diberikan.

Niken menyebut 39 ekor sapi di Kota Madiun terjangkit PMK. Per 26 Juni 2022, 10 sapi di antaranya sudah sembuh.

"Sedangkan, sisanya masih dalam tahap pengobatan suportif dari tim DKPP. Alhamdulillah, belum aja kasus kematian sapi," ujar Niken.


(UWA)