Masa Angkutan Lebaran, KAI Daop 8 Ingatkan Warga Waspada Melintas di Pelintasan

Salah satu kecelakaan yang terjadi di perlintasan kereta api (Foto / Metro TV) Salah satu kecelakaan yang terjadi di perlintasan kereta api (Foto / Metro TV)

SURABAYA : PT KAI Daop 8 Surabaya akan mengoperasikan 9 kereta api (KA) tambahan pada 14 April sampai 3 Mei 2023 atau selama masa angkutan Lebaran. Total ada sebanyak 49 perjalanan KA di Daop 8 selama 22 hari. Demi meminimalisasi kecelakaan di perlintasan sebidang, KAI Daop 8 Surabaya melakukan sosialisasi keselamatan dan bahaya aktivitas di sekitar jalur KA.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menjelaskan kegiatan ini difokuskan untuk menjaga keselamatan perjalanan KA dari aktivitas masyarakat yang masih melakukan kegiatan di sekitaran jalur KA dan kesadaran dalam berlalu lintas.

"Terutama pada waktu bulan ramadan, masih ditemui masyarakat yang melakukan ngabuburit di jalur KA maupun pengendara yang buru-buru saat akan melintasi perlintasan sebidang," ujarnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, KAI Daop 8 dan Komunitas Railfans akan memberikan imbauan, menegur, dan mengingatkan kepada masyarakat dan pengendara yang akan melintasi maupun beraktivitas di jalur KA. Kegiatan ini ditujukan kepada masyarakat agar mengerti bahwa jalur KA merupakan area steril yang tertutup untuk umum.

"Diharapkan masyarakat dapat ikut berperan dalam menjaga keselamatan perjalanan," kata Luqman.

baca juga : Lawan Arus, Pemotor Tewas Tabrak Minibus

Dia menambahkan, cara menyampaikan pesan dengan membawa sebuah poster yang berisi materi dilarang beraktivitas di atas rel, dilarang membuang sampah maupun menaruh barang pada jalur kereta api, larangan pelemparan terhadap KA, hingga patuhi rambu lalu lintas saat akan melewati jalur KA.

"Kami harap, dengan seringnya kegitan sosialisasi ini, masyarakat semakin sadar tentang bahaya dalam melakukan aktifitas disekitar jalur KA. Selain membahayakan diri sendiri, juga membahayakan perjalanan KA," terangnya.


(ADI)

Berita Terkait