Waspada, Jangan Dekati Kawah Ijen Banyuwangi

Kawah Gunung Ijen/ist Kawah Gunung Ijen/ist

JAKARTA: Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan masyarakat yang berada di sekitar Gunung Ijen, Jawa Timur, agar tidak mendekati kawah dalam radius 1,5 kilometer dari bibir kawah.

Kepala PVMBG Hendra Gunawan mengatakan rekomendasi itu muncul seiring meningkatnya aktivitas Gunung Ijen dari sebelumnya level I atau normal menjadi level II atau waspada.

"Masyarakat yang bertempat tinggal di sepanjang aliran Sungai Banyu Pait agar selalu waspada terhadap potensi ancaman aliran gas vulkanik yang berbahaya dan tetap memperhatikan perkembangan aktivitas Gunung Ijen," ujarnya dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Sabtu.

PVMBG meminta masyarakat agar menggunakan masker penutup pernafasan bila tercium bau gas belerang yang menyengat atau pekat.

BACA: Status Gunung Ijen Banyuwangi Naik Waspada

Adapun untuk jangka pendek atau darurat dapat menggunakan kain basah sebagai penutup saluran pernafasan, seperti hidung dan mulut.

"Pemerintah daerah, BPBD provinsi dan kabupaten, dan BKSDA agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Ijen di Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, atau PVMBG," kata Hendra.

Gunung Ijen secara administratif masuk ke dalam wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur. Pada Sabtu, 7 Januari 2023, PVMBG telah menaikkan status Gunung Ijen menjadi level II atau waspada pada pukul 14.00 WIB.


(TOM)